Pertamina: Kilang Cilacap yang Terbakar Pasok 34% BBM Nasional

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 320 2424000 pertamina-kilang-cilacap-yang-terbakar-pasok-34-bbm-nasional-FotnY2Y4kI.jpg BBM (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada Jumat malam. Kilang Cilacap ternyata bernilai strategis, sebab kilang memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa.

Pertamina mencatat, kilang Cilacap merupakan salah satu dari tujuh jajaran unit pengolahan di tanah air. Kilang tersebut memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel per hari dan terlengkap fasilitasnya.

Baca Juga: Penampakan Detik-Detik Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Terbakar

Bahkan, memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Baca Juga: Kilang Minyak Cilacap Kebakaran, Pertamina: Pasokan BBM dan LPG Aman

Selain itu, kilang tersebut merupakan satu-satunya kilang di tanah air saat ini yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air. Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman.

Kebakaran terjadi di tangki T39 pada pukul 19.45 Jumat malam dan penyebab kebakaran masih belum diketahui. Manajemen Pertamina tengah mencari sebab utama kebakaran.

"Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran," Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap, Hatim Ilwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini