IHSG Tertekan, Investor Menanti Keputusan The Fed

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 278 2426328 ihsg-tertekan-investor-menanti-keputusan-the-fed-gz7ZikFfab.jpeg IHSG Tertekan Jelang Putusan The Fed. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi cenderung tertekan. Di mana investor sedang menantikan kebijakan terbaru Bank Sentral AS, The Fed.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas Mino mengatakan, dalam pergerakan IHSG ada dua hal yang perlu dikhawatirkan oleh para investor. Pertama, dari faktor eksternal.

Baca Juga: 316 Saham Merah, IHSG Ditutup Turun ke Level 6.078

"Kita semua masih menunggu rapat The Fed nanti malam yang akan keluar hasilnya. Kemudian di dalam negeri, perkembangan kasus covid-19 cukup mengkhawatirkan. Kita berharap kedepannya semuanya bisa diatasi dan market kita bisa bergerak kearah positif,” ujarnnya dalam 2nd Session Closing, Rabu (16/6/2021).

Kemudian, dia melanjutkan, untuk inflasi data terakhir pada Mei meningkat di 5% yang sebelumnya 4,2% . Semantara itu, inflasi ditingkat produsen mencapai 6,6%.

Baca Juga: IHSG Ditutup Melemah 15 Poin ke Level 6.080

“Ini merupakan pencapain tertinggi selama 12 bulan terakhir. The Fed sebelumnya sudah bilang bahwa inflasi ini memang kemungkinan hanya bersifat sementara dan tidak mempengaruhi kebijakan monoter terutama kebijakan suku bunga. Karena kebijkan suku bunga ini akan berlangsung sampai akhir 2023,”tuturnya.

Selanjutnya, Mino menjelaskan, untuk perdagangan esok hari, masih menunggu keputusan dari The Fed.

Jika The Fed nanti memutuskan untuk mulai mengurangi program pembelian obligasi, hal itu akan memberikan sentimen negatif walaupun secara umum sebenarnya pengaruh ke investor tidak terlalu besar mengingat tahun lalu asing keluar dari Indonesia sebesar Rp60 triliun, kemudian year to date hanya sekitar Rp6 triliun yang tercatat dipasar modal.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini