Investor Sudah Siap Hadapi Covid-19, IHSG Tetap Kokoh

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 278 2433084 investor-sudah-siap-hadapi-covid-19-ihsg-tetap-kokoh-dIMDGtsnf5.jpg IHSG (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan pagi hari ini (30/6/2021). IHSG menguat 0,35% dan berada di level 5.969.

Akan tetapi, Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan, Frankie W Prasetio, menuturkan, melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia masih membayangi pergerakan IHSG. Di mana, lonjakan kasus positif harian sempat menyentuh angka 20.000 kasus.

“Sepertinya sekarang kalau kita lihat varian Covid-19 yang baru ini meningkatnya kencang sekali. Satu hari itu kenaikannya sudah 20.000 case on average per day,” tuturnya dalam acara Market Opening IDX Channel, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Naik 20 Poin, IHSG Dibuka Menguat ke Level 5.969

Menurutnya, kondisi ini dalam jangka pendek akan berdampak buruk bagi market. Akan tetapi, dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro, ini akan memberikan dampak positif ke depannya.

Baca Juga: IHSG Diramal Menguat, Intip Rekomendasi Saham Berikut

“Dalam jangka pendek mungkin akan menjadi buruk ya, tapi saya merasa tindakan pemerintah untuk melakukan PPKM ini akan berdampak positif dalam jangka panjang. Kalau kita berkaca pada kasus di India, di mana pada bulan April – Mei kenaikan kasusnya tinggi sekali. Kemudian mereka melakukan lockdown, vaksinasi masal, dan hasilnya tren Covid-nya menurun dengan jauh,” ujar Frankie.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, para investor sudah lebih siap menghadapi situasi pandemi di tahun ini jika dibandingkan dangan tahun 2020 lalu. Dapat diartikan, bahwa investor tidak melihat lonjakan kasus yang terjadi saat ini sebagai sebuah ancaman.

“Mereka tidak melihat kasus meningkat itu sebagai ancaman yang berarti seperti tahun lalu, karena tahun lalu investor belum pernah mengalami terjadinya pandemi. Sedangkan, tahun ini investor sudah mulai terbiasa dan pemerintah juga melakukan langkah-langkah yang baik untuk menanggulangi ini. Jadi sepertinya tidak akan berpengaruh terlalu banyak,” jelas Frankie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini