Formula Gaji Mau Diubah, Buat PNS Semangat Kerja?

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 320 2425966 formula-gaji-mau-diubah-buat-pns-semangat-kerja-L5lbmaccgW.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah berencana menaikkan gaji PNS dengan formulasi baru. Saat ini besaran gaji PNS diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.15/2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas PP No.7/1977 tentang Peraturan gaji PNS.

Baca Juga: Gaji PNS Naik karena Skema Berubah?

“Formula gaji PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan,” ucap Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono beberapa waktu lalu.

Pengamat dari INDEF Nailul Huda menilai memang sistem gaji PNS sekarang, yang berdasarkan golongan dan masa kerja, tidak mencerminkan kinerja di lapangan. Ada beberapa kasus yang menunjukkan meskipun sudah lama dan golongannya sudah tinggi namun tidak berkinerja dengan baik.

Baca Juga: Gaji PNS Bakal Naik dengan Sistem Baru, Pengamat: Masih Banyak Nepotisme

"Yang jadi pembeda kan tunjangan kinerja antara orang yang berkinerja baik dengan orang yang berkinerja kurang baik. Nah sekarang gaji juga ingin merujuk hal yang sama," ujar Huda saat dihubungi Okezone di Jakarta (16/6/2021).

Dari satu sisi ini tentu akan positif bagi yang masih muda-muda dan bersemangat. Karena sistem beban kerja, risiko kerja, dan tanggung jawab semakin dihargai. "Namun bagi orang orang yang sudah “nyaman” dengan sistem sekarang tentu akan terusik dengan kebijakan model ini," katanya.

(kmj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini