6 Cara Hemat Uang untuk Biaya Hewan Peliharaan

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 05:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 622 2426278 6-cara-hemat-uang-untuk-biaya-hewan-peliharaan-uwzrgJnfU0.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Hewan peliharaan adalah salah satu hal penting dan dicintai oleh banyak keluarga. Sama seperti kebutuhan dan biaya hidup anggota keluarga lainnya, hewan peliharaan memengaruhi anggaran dan pendapatan rumah tangga.

Kenyataannya adalah, bahwa biaya yang terkait dengan kepemilikan hewan peliharaan dapat sangat bervariasi bagi setiap orang. Untuk pemilik yang paling cerdas, ada daftar panjang kiat untuk menghemat uang sepanjang tahun.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghemat uang bagi orang yang memiliki hewan peliharaan, dilansir dari Real Simple, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: 5 Aturan Dana Darurat Bisa Bantu Lewati Masa-Masa Sulit

Belanja persediaan di toko diskon

Biaya pembelian perlengkapan hewan peliharaan seperti tempat tidur, mangkuk, dan mainan dapat bertambah dengan cepat. Tapi itu tidak harus terjadi. Para pemilik bisa berbelanja di jaringan department store untuk mendapatkan harga murah untuk kebutuhan dasar hewan peliharaan.

Jangan beli tempat tidur yang dibuat secara komersial

Ketika membahas kebutuhan dasar hewan peliharaan, pemilik mungkin bisa menghemat uang dengan melewatkan tempat tidur hewan peliharaan yang diproduksi pabrik, karena kucing tidak membedakan antara tempat tidur yang dirancang khusus dan bantal biasa. Selain itu, disarankan pula untuk melewatkan mainan hewan untuk menghemat uang.

Beli asuransi hewan peliharaan

Biaya premi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, spesies, dan jenis hewan peliharaan, antara lain. Mendaftarkan hewan peliharaan dalam rencana asuransi akan membantu mengimbangi biaya perawatan pencegahan, bersama dengan kecelakaan, penyakit, dan kondisi lainnya.

Baca Juga: BPK: Risiko Kecurangan Anggaran Selalu Meningkat pada Masa Krisis

Jangan lewatkan perawatan pencegahan

Perawatan pencegahan mungkin tampak seperti pengeluaran yang tidak perlu bagi sebagian orang, tetapi para ahli mengatakan itu dapat menghemat uang selama masa hidup hewan peliharaan. Pencegahan heartworm, kutu, dan caplak menghindari tagihan dokter hewan yang mahal terkait dengan parasit.

Penting juga untuk melakukan pemeriksaan darah secara teratur untuk hewan peliharaan dan perawatan gigi rutin. Kabar baiknya adalah seringkali biaya pencegahan dapat dibiayai oleh polis asuransi hewan peliharaan yang komprehensif, yang mencakup banyak jenis kunjungan dan perawatan.

Selain itu, berbicara tentang pencegahan, tidak memberi makan hewan peliharaan secara berlebihan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan anggaran keuangan

Grooming hewan peliharaan di rumah

Tergantung daerah dan jenis hewan peliharaan, perawatan groom profesional bisa sangat mahal. Jika ingin menurunkan biaya, pertimbangkan perawatan hewan di rumah. Meskipun gagasan memotong kuku dan membersihkan telinga terdengar menakutkan, pemilik bisa belajar dari YouTube untuk video perawatan gratis.

Buat makanan dan camilan hewan peliharaan sendiri

Satu pilihan terakhir bagi mereka yang memiliki banyak waktu yaitu dengan membuat makanan dan camilan hewan peliharaan secara mandiri. Seperti menanam kebun sayuran untuk memberi makan kelinci.

Sementara untuk membuat makanan ringan untuk anjing sendiri adalah cara yang paling aman dan paling sehat untuk anjing, mulai dari selai kacang beku dan camilan yogurt hingga biskuit oat dan apel, atau bahkan camilan labu dan blueberry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini