RI Kekurangan Lowongan untuk Pekerja Kelas Menengah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 320 2426599 ri-kekurangan-lowongan-untuk-pekerja-kelas-menengah-JeaunNzhsx.jpg Lowongan Kerja Kelas Menengah di Indonesia Masih Sedikit. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Dunia memberi saran pada pemerintah Indonesia banyak menciptakan lapangan pekerjaan guna mengentaskan kemiskinan di tengah pandemi. Utamanya untuk pekerjaan kelas menengah yang masih kurang di Indonesia

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengatakan, tenaga kerja Indonesia agar memiliki pekerjaan kelas menengah dengan berinvestasi dalam sistem dan program pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pekerja.

Baca Juga: Lowongan Kerja di ASDP untuk Lulusan D3-S1, Ini Syaratnya

"Tingkatkan produktivitas dan pekerjaan kelas menengah dengan mempromosikan persaingan, investasi, dan perdagangan," kata Satu di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Lanjutnya, mengurangi kehilangan pekerjaan dengan mempertahankan program retensi pekerjaan, bantuan sosial, pelatihan, dan program pelatihan ulang yang memadai hingga pemulihan lebih kuat.

Baca Juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja Lulusan S1-S2, Cek Persyaratannya

"Membawa lebih banyak perempuan ke dalam angkatan kerja dan mengurangi kesenjangan pendapatan antara laki-laki dan perempuan dengan berinvestasi dalam perawatan anak dan lansia dan mempromosikan pengembangan sektor swasta dalam ekonomi perawatan," bebernya

Dia menambahkan kebijakan moneter dan stimulus kredit untuk terus bertumbuh. Hal ini, kata Kahnoken perlu dilakukan dengan mengelola dari eksternal finance dan mewaspadai kerentanan perbankan.

"Beberapa program yang bisa dijalankan seperti subsidi dan suku bunga untuk mendorong kredit," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini