Tjahjo: Pemangkasan Eselonisasi PNS Tidak Menghilangkan Hirarki

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 320 2427048 tjahjo-pemangkasan-eselonisasi-pns-tidak-menghilangkan-hirarki-4cSJPZWHyl.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melakukan penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselonisasi di struktur PNS. Nantinya ada tiga jabatan struktural yang dipangkas yakni eselon III, IV dan V. Adapun PNS yang dipangkas eselonnya akan dialihkan ke jabatan-jabatan fungsional.

Baca Juga: Siap-Siap! PNS Pindah Bertahap ke Ibu Kota Baru pada 2023

“Proses penyederhanaan birokrasi dilakukan melalui proses penyederhanaan struktur organisasi, dan tidak dengan serta merta memindahkan kewenangan dalam jabatan struktural ke jabatan fungsional,” kata MenPANRB Tjahjo Kumolo dikutip dari Akun Youtube KemenPANRB, Jumat (18/6//2021).

Menurutnya pengalihan ini harus tetap melalui pertimbangan yang matang. Di mana selain ASN tidak dirugikan setelah dialihkan tapi juga harus memenuhi beberapa kriteria tertentu yang berlaku dalam jabatan fungsional.

Baca Juga: Erick Thohir Larang PNS-Pejabat Kementerian BUMN Keluar Kota hingga 25 Juni

“Kita tidak ingin pengalihan ini menjadi jabatan fungsional rasa struktural. Yang berarti tidak menghilangkan hirarki yang ada,” tegasnya.

Dia mengatakan melalui penyederhanaan birokrasi tersebut setiap instansi harus bisa mereview kembali struktur kelembagaan, instansi pemerintah, SDM aparatur, sistem kerja dan prosedur pelayanan serta pengambilan keputusan.

“Karena itu mari kita lakukan hal ini dengan langkah-langkah nyata yg memberikan dampak kemanfaatan kepada masyarakat. Dan kita inginkan masyarakat langsung merasakan adanya peningkatan pelayanan publik,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini