30 Juta UMKM Ditarget Masuk Digital, Menko Luhut: BBI Dulu Dianggap Gaya-gayaan

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 320 2427150 30-juta-umkm-ditarget-masuk-digital-menko-luhut-bbi-dulu-dianggap-gaya-gayaan-PqIZnmHDmh.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) saat ini berjalan dengan cukup baik. Menurutnya saat awal peluncuran tahun lalu BBI dianggap hanya gaya-gayaan saja.

“Saya ingat setahun lalu lebih waktu kita meluncurkan gernas ini banyak juga yang pesimis. Hanya gaya-gayaan. Tetapi sekarang ini ajdi gerakan ansionald an gerakan hidup kita karena UMKM adalah backbone daripada ekonomi kita,” katanya dalam acara puncak BBI di NTT, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga: Wapres: Gernas BBI Ajak Masyarakat Bangga Pakai Produk Anak Bangsa

Dia pun mendorong agar Kominfo bergerak cepat menambah BTS untuk daerah-daerah lain. pasalnya jaringan internet menjadi kunci percepatan UMKM menuju digital.

Baca Juga: Kabar Pencarian BLT UMKM Tahap II, Cek Penerima di Sini

“Ini kunci keberhasilan percepatan target UMKM on boarding 30 juta unit 2023. Sekarang kita sudah mencapai dekat 13 sampai 14 juta. Jadi masih ada setengah lagi untuk tiga tahun ke depan,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, Luhut meminta agar semua pihak berkolaborasi.

“Oleh karena kita semua, saya undang teman-teman dimanapun anda berada UMKM dan pemda, pemerintah pusat kita harus berkolaborasi untuk mendorong UMKM kita masuk sampai 30 juta dari 64 juta UMKM yg ada di Indonesia,” paparnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar pemda terus menggenjot pelatihan digital. Dia menyebut dana desa juga bisa digunakan untuk pelatihan tersebut.

“Biarlah rakyat berdigitaliasi sehingga mereka tidak ada dibatasi oleh tengkulak-tengkulak lagi untuk mereka masuk kepada tingkat nasional,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini