Gaji Kecil Tetap Bisa Nabung, Begini Caranya

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 622 2430374 gaji-kecil-tetap-bisa-nabung-begini-caranya-PgopGDeCLd.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Gaji kecil jangan dijadikan alasan tidak menabung. Sebenarnya, Anda hanya membutuhkan cara yang tepat, agar bisa menabung dengan baik.

Menabung merupakan kegiatan yang perlu dilakukan. Bahkan kegiatan ini sudah diterapkan mulai dari masa kanak-kanak. Karena dengan menabung, Anda bisa menyiapkan uang untuk kebutuhan ketika sudah tua.

Namun, bagaimana jika gaji Anda kecil? Anda pastinya kebingungan untuk mengatur keuangan. Sebab, dengan gaji minim Anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itu, pastinya tidak ada uang yang tersisa untuk di tabung.

Melansir Solopos, Kamis (24/6/2021), berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti dengan baik saat ingin menabung.

Baca Juga: Dear Milenial, Simak 3 Tips Mengelola Keuangan

Memberikan Target Harian

Tips menabung gaji dengan menentukan target harian. Agar bisa menabung dengan rutin, Anda bisa membuat target keuangan harian. Bisa menetapkan berdasarkan dengan nominal dengan uang yang bisa Anda tabung. Tentunya uang yang ingin Anda tabung, perlu dipisahkan dengan uang yang ingin Anda gunakan untuk keseharian.

Dengan begitu, uang yang ingin di tabung tidak habis terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk menabung, sebab sudah merencanakan jumlah nominal yang akan sisihkan.

Jika Anda kesusahan untuk menentukan nominalnya, maka Anda bisa memulainya dengan nominal yang lebih kecil. Anda bisa mulai menabung dengan Rp50 ribu. Jika Anda berhasil menyisihkan dalam sebulan, maka bulan berikutnya Anda bisa meningkatkan menjadi Rp100 ribu. Lakukan peningkatan terus menerus hingga bisa mendapatkan tabungan yang banyak.

Baca Juga: 6 Cara Hemat Uang untuk Biaya Hewan Peliharaan

Menabung dengan Rutin Setiap Hari

Tips menabung gaji, selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menabung tiap hari. Jika setiap harinya mengeluarkan sejumlah uang, maka Anda bisa menghematnya. Anda bisa mengurangi jumlah yang seharusnya Anda keluarkan setiap harinya.

Seperti, jika Anda setiap harinya mengeluarkan uang Rp50 ribu. Maka sebisa mungkin menggunakan Rp40 ribu saja. Artinya, Anda sudah menghemat Rp10 ribu selama sehari. Anda bisa menyisihkan uang tersebut untuk ditabung.

Maka, selama sebulan Anda bisa menabung sebanyak Rp300 ribu. Jadi, jika Anda bisa menabung sebanyak itu, setiap bulannya. Maka, dalam waktu 3 bulan saja sudah bisa mendapatkan Rp900 ratus ribu. Tips untuk menabung yang luar biasa bukan? Bayangkan saja seberapa banyak uang yang akan Anda dapatkan selama 1 tahun.

Memiliki Dua Rekening Berbeda

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil. Anda bisa membuka dua tabungan berbeda untuk alternatifnya. Dengan memiliki dua rekening bank, Anda bisa menggunakannya untuk membatasi pengeluaran Anda.

Anda bisa memisahkan antara uang yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, dan mana uang yang ingin ditabung. Setelah menentukan berapa banyak uang yang ingin Anda tabungkan, maka bisa menabungkan uang tersebut pada rekening lainya.

Jangan gunakan rekening tersebut, untuk keperluan sehari-hari. Cukup gunakan rekening yang satunya saja. Dengan begitu, Anda bisa menghemat uang yang sudah disisihkan di rekening lain disebut.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Tips menabung gaji dengan tidak menggunakan kartu kredit. Nyatanya, menggunakan kartu kredit bisa sangat merugikan untuk Anda. Dengan menggunakannya, Anda akan semakin boros. Sebab akan lebih mudah untuk tergoda untuk berbelanja, dan barang yang Anda beli ternyata tidak memberikan banyak keuntungan.

Mungkin kebiasaan menggunakan kartu kredit akan sulit untuk ditinggalkan. Anda bisa menguranginya dengan perlahan, dengan begitu kebiasaan menggunakan kartu kredit bisa berkurang dengan baik.

Menyiapkan Dana Darurat

Anda bisa menyiapkan dana langsung pada akhir bulan. Dengan menyisihkan dana darurat, Anda bisa antisipasi pada bulan akhir bulan. Karena pada awal bulan, gaji Anda masih utuh sehingga dengan menyiapkan dana di akhir bulan, Anda bisa mengatur keuangan dengan mudah.

Dengan menyisihkan uang di akhir bulan, maka Anda juga bisa mengatur anggaran bulanan yang dikeluarkan. Tanpa harus mengganggu tabungan yang akan Anda gunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini