Anggaran Infrastruktur AS Rp13 Ribu Triliun Disetujui Parlemen

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 320 2430681 anggaran-infrastruktur-as-rp13-ribu-triliun-disetujui-parlemen-1iSN8hT9Se.jpg Dolar AS (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa anggaran infrastruktur AS sebesar USD953 miliar atau setara Rp13 ribu triliun telah disepakati parlemen.

“Kami telah mencapai kesepakatan,” kata Biden dilansir dari VOA, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga: Ekonomi Dunia Pulih Lebih Cepat, Gubernur BI Beberkan Buktinya

Anggaran tersebut akan mencapai prioritas legislatif utamanya dan membuktikan keberhasilan upayanya mengajak pihak oposisi untuk bekerjasama.

Setelah tercapainya kesepakatan di Gedung Putih itu, Biden secara mengejutkan tampil di hadapan kamera bersama sejumlah senator Partai Republik dan Demokrat.

Baca Juga: Harga Obligasi Indonesia Lesu Tertekan Lonjakan Inflasi AS

Rincian kesepakatan itu belum diketahui, tetapi rencana awal telah diperkecil di mana nilai pengeluaran baru 'hanya' mencapai USD559 miliar . Dukungan bipartisan merupakan hal yang langka dan hal ini dapat membuka pintu bagi proposal lain presiden yang bernilai empat triliun dolar di kemudian hari.

“Ini mengingatkan saya pada hari-hari ketika kita bisa menyelesaikan banyak hal di Kongres Amerika,” ujar Biden, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai senator negara bagian Delaware, sambil meletakkan tangannya di bahu senator faksi Republik Rob Portman.

Presiden mengatakan tidak semua orang mendapatkan apa yang mereka inginkan dan prioritas Gedung Putih lainnya akan ditangani secara terpisah dalam proses anggaran Kongres yang dikenal sebagai rekonsiliasi.

“Kita telah mencapai kesepakatan,” cuit Biden. “Sekelompok senator – lima dari faksi Demokrat dan lima dari faksi Republik – telah berkumpul dan membuat kesepakatan infrastruktur yang akan menciptakan jutaan lapangan kerja di Amerika.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini