Dilibatkan Bahas Omnibus Law, Sinergi Kadin-Pemerintah Berjalan Sangat Baik

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 320 2433281 dilibatkan-bahas-omnibus-law-sinergi-kadin-pemerintah-berjalan-sangat-baik-Tq96DdiyCR.jpg Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA – Musyawarah Nasional (Munas) Kadin ke-VIII mulai dihelat di Kendari, Sulawesi Tenggara. Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani memaparkan soal kerjasama pemerintah dengan para pelaku usaha yang dinilai sudah baik.

“Kolaborasi, sinergi dan kerjasama Kadin dengan pemerintah berjalan sangat baik. Ini berdampak tidak hanya pada dunia usaha namun juga masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam acara pembukaan Munas Kadin VIII secara daring, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Calon Ketua Kadin Diharap Pulihkan Ekonomi Terdampak Pandemi

Rosan juga mengapresiasi pemerintah untuk selalu mengikutsertakan Kadin dalam pembuatan kebijakan. Sehingga ketika kebijakan sudah keluar, implementasinya berjalan lebih baik, cepat, terukur dan terstuktur.

“Kami juga sangat senang sekali karena diikutsertakan dalam proses omnibus law. Yang di mana kami menjalani prosesnya selama sembilan bulan atas arahan dari Menteri Perekonomian yang dapat berjalan dengan baik. Karena kami meyakini ini berdampak luar biasa untuk menciptakan lapangan pekerjaan” ungkapnya.

Baca Juga: Bertolak ke Sultra, Jokowi Tinjau Vaksinasi hingga Hadiri Munas Kadin

Sebelumnya, Kadin optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini mengalami surplus. Kadin yakin ekonomi 2021 lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2020 yang terkontraksi 2,07% akibat pandemi Covid-19.

"Kalau pertumbuhan ekonomi kita optimis tahun ini akan surplus walaupun kuartal I minus 0,73%, kami melihat di kuartal II, III, dan IV akan mengalami peningkatan sehingga surplus," ujar Rosan Perkasa Roeslani.

Meskipun menjelang kuartal III-2021 perekonomian Indonesia mengalami sedikit tekanan, Rosan menilai hal tersebut tidak akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi tahun ini.

"Walaupun sekarang ada tekanan sedikit di kuartal II ini dan kami melihatnya apalagi dengan surplus ekspor kita yang sangat-sangat baik, tren harga dari natural resources juga sudah meningkat," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini