Lindungi Investor, BEI Akan Pantau Saham Khusus

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 278 2434024 lindungi-investor-bei-akan-pantau-saham-khusus-Tx3QoJuo08.jpg BEI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengimplementasikan efek yang diperdagangkan dalam pemantauan khusus. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perlindungan terhadap investor, sekaligus meningkatkan transparansi kondisi fundamental perusahaan tercatat di Bursa.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menjelaskan, latar belakang dan juga tujuan dari pengembangan dan implementasi perdagangan efek dalam pemantauan khusus adalah untuk meningkatkan perlindungan terhadap para investor, khusunya investor ritel dalam melakukan investasi saham di pasar modal Indonesia.

"Yaitu dengan meningkatkan transparansi atas kondisi fundamental dari perusahaan tercatat serta menjaga agar perdagangan efek bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki karakteristik khusus ini dapat tetap dilakukan secara teratur, wajar, dan juga efisien," ujar Hasan dalam acara Edukasi Wartawan terkait Implementasi Efek yang Diperdagangkan dalam Pemantauan Khusus secara virtual, Kamis (1/7/2021).

Baca Juga: Agenda Bursa, Intip 19 Aksi Emiten Hari Ini

Hasan menambahkan, mengenai hal tersebut, pihaknya berinisiatif untuk membuatkan kriteria atas efek-efek yang dipandang perlu untuk mendapatkan perhatian khusus dari para investor sebelum mereka memutuskan untuk berinvestasi pada efek-efek tersebut.

Baca Juga: Tak Lagi Rugi, Polychem Kantongi Laba Bersih USD894.270

"Tujuan lainnya tentu kami juga memandang perlunya memberikan suatu tahapan dalam penggunaan tindakan yang dilakukan oleh bursa terhadap perusahaan tercatat atau saham-saham yang mengalami kondisi atau memenuhi kriteria catatan khusus tertentu," kata dia.

Hasan menyebut, jika biasanya BEI melakukan tindakan berupa suspensi terhadap saham tertentu yang dianggap melanggar, maka melalui implementasi perdagangan efek dalam pemantauan khusus ini nantinya saham-saham yang dimaksud akan izinkan untuk dapat tetap diperdagangkan dengan pembedaan khusus.

"Implementasi dari perdagangan efek dalam pemantauan khusus ini nantinya diharapkan bisa menjadi jawaban atas keinginan atau keluhan baik dari sisi investor, anggota bursa, maupun terutama dari perusahaan tercatat kita yang selama ini harus menerima tindakan langsung berupa suspensi atas saham-sahamnya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini