Share

Bansos Dilanjutkan Selama PPKM Darurat, Simak Fakta Menariknya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 320 2435078 bansos-dilanjutkan-selama-ppkm-darurat-simak-fakta-menariknya-mMC2EjF7gS.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA โ€“ Presiden Joko Widodo memutuskan menerapkan PPKM Darurat atau peraturan yang lebih ketat dari PPKM sebelumnya.

Dirinya pun menyetujui untuk melanjutkan penyaluran sejumlah bansos guna meringankan beban masyarakat selama PPKM Darurat.

Berikut fakta-fakta bansos dilanjutkan selama PPKM Darurat yang dirangkum Okezone di Jakarta.

Baca Juga:ย  PHRI: Kita Sudah Setengah Mati, Jangan Menunggu Sampai Mati

1. Perpanjangan Sudah Disetujui

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menegaskan bahwa bantuan sosial (Bansos) yang sempat tidak diperpanjang akan kembali dilanjutkan. Dirinya pun sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial.

"Banyak ketidaktahuan (kasus Covid meningkat) setelah Juni, naik luar biasa. Jadi bansos akan digulirkan lagi, tadi Bu Risma, Gubernur BI dan teman-teman lain dan kami sepakat untuk kita bantu lagi," ujar Luhut, Kamis (1/7/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Siapkan Anggaran Bansos Tunai Rp6,1 Triliun

2. Bansos Ditujukan bagi Masyarakat Menengah ke Bawah

Luhut tidak merinci bansos apa saja yang dilanjutkan selama PPKM Darurat. Luhut mengatakan, bahwa bansos yang diberikan nanti untuk membantu masyarakat menengah ke bawah.

"Pemerintah koordinasi ditambakan bansos selama PPKM darurat, utamanya melindungi masyarakat menengah ke bawah. Presiden menekankan masyarakat menengah ke bawah harus dilindungi," ujarnya.

3. Bansos Bantu Masyarakat yang Terdampak

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, dengan diterapkannya pembatasan sementara ini, bansos dari pemerintah bisa dilanjutkan. Hal tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat yang terdampak dari adanya pembatasan ini.

โ€œBansos baru saya kira tidak diperlukan. Pemerintah bisa melanjutkan bansos yang sudah ada. Kecuali jika PPKM darurat ini berlangsung lebih lama,โ€ katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Kamis (1/7/2021).

4. BLT Subsidi Gaji Diminta Dilanjutkan

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, meminta BLT subsidi gaji untuk pekerja dilanjutkan. Permintaan ini sebagai tindak lanjut Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang baru saja diumumkan Presiden Joko Widodo.

Said mengatakan, setidaknya ada empat hal yang disampaikan dalam menyikapi pemberlakuan PPKM darurat yang diberlakukan pada tanggal 3 sampai 20 Juli 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini