Erick Thohir Angkat Mantan Wamendag Jadi Komisaris Utama RNI

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 320 2436086 erick-thohir-angkat-mantan-wamendag-jadi-komisaris-utama-rni-doWG8FZWN4.jpg Bayu Krisnamurthi Diangkat Jadi Komisaris Utama RNI. (Foto: Okezone.com/RNI)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perubahan susunan Dewan Komisaris PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) dengan menetapkan Bayu Krisnamurthi sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen. Sementara, Marsudi Wahyu Kisworo diangkat sebagai Komisaris Independen.

Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-228/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan PT RNI yang dilaksanakan secara daring, pada Senin, 5 Juli 2021.

Baca Juga: Erick Thohir Bentuk Pansus Percepat Holding BUMN Pangan

Penetapan ini sejalan dengan upaya Kementerian BUMN dalam memperkuat peran RNI sebagai koordinator BUMN Klaster Pangan yang akan memimpin BUMN Pangan dalam melakukan integrasi bisnis pangan dari hulu hingga hilir untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Adapun, Bayu Krisnamurthi dikenal sebagai tokoh pertanian yang aktif di pemerintahan dan bidang profesional. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II pada tahun 2009-2011, Wakil Menteri Perdagangan KIB II tahun 2011-2014. Di dunia korporasi, Bayu pernah menjabat sebagai Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit tahun 2015-2017.

Baca Juga: Erick Thohir Beli Tambang Garam di Luar Negeri, Dirut RNI: Kualitas untuk Industri

Sementara itu, Marsudi Wahyu Kisworo merupakan guru besar dalam bidang Teknologi Informasi yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Komisaris Independen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2019-2021. Ia juga aktif sebagai konsultan dan akademisi, di samping itu Marsudi merupakan Ketua Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI).

Dengan adanya perubahan tersebut maka susunan Dewan Komisaris RNI saat ini menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Bayu Krisnamurthi

Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo

Komisaris Independen: Arie Sujito

Komisaris: Abdi Mustakim

Komisaris: Abdul Rochim

Komisaris: Himawan Arief Sugoto

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini