Tips Perencanaan Keuangan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 622 2436169 tips-perencanaan-keuangan-tQtINgriFR.jpeg Tips Perencanaan Keuangan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA Tips perencanaan keuangan di tengah pandemi saat ini perlu untuk diikuti. Tujuannya supaya keuangan yang ada selalu sehat dan cukup dalam memenuhi segala kebutuhan.

Jika seseorang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, dikhawatirkan akan merasa lebih sulit mengatur uang. Sehingga, lambat laun akan mengancam keamanan finansial di masa depan.

Terlebih di situasi pandemi saat ini, mau tidak mau seseorang harus bisa mengatur keuangan dengan bijak. Hal ini dilakukan agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Tips MNC Sekuritas, Kelola Gaji Supaya Tidak Cepat Habis

Berikut tips-tips perencanaan keuangan yang bisa dilakukan:

1. Evaluasi Kondisi Keuangan Saat Ini

Anda dapat melakukan kajian atau analisis dengan memperhatikan kondisi saat ini. Adapun kondisi yang dimaksud, yaitu status perkawinan, jumlah anggota keluarga, kondisi pekerjaan, usia, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Menyusun Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan terbagi menjadi dua berdasarkan jangka waktu, yakni tujuan keuangan jangka pendek dan tujuan keuangan jangka panjang.

Sebagai informasi, tujuan keuangan jangka pendek adalah tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu beberapa bulan atau tahun. Sementara, tujuan keuangan jangka panjang adalah tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu 10 tahun atau beberapa dekade.

Baca Juga: Gaji Kecil Tetap Bisa Nabung, Begini Caranya

3. Mencatat Seluruh Pengeluaran dan Pendapatan Bulanan

Langkah ini bermanfaat untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan seseorang. Selain itu, mencatat seluruh pengeluaran dan pendapatan bisa membantu seseorang dalam membuat laporan keuangan bulanan dengan lebih mudah.

4. Meningkatkan Pendapatan dan Investasi

Dalam membuat perencanaan keuangan, akan lebih baik jika seseorang mempunyai target untuk meningkatkan pendapatan serta membuat perputaran uang ke dalam bentuk sebuah investasi. Hal ini merupakan sebuah kunci agar tujuan perencanaan keuangan dapat mencapai hasil yang diinginkan.

5. Menggunakan Asuransi untuk Perlindungan

Menggunakan asuransi merupakan sebuah langkah preventif. Adapun seiring bertambahnya waktu, sebagai contoh biaya rumah sakit akan semakin meningkat. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan asuransi kesehatan.

6. Mereview dan Menyempurnakan Rencana Keuangan

Kondisi keuangan seseorang dapat berubah seiring waktu. Misalnya, hadirnya anggota keluarga baru, meningkatnya pendapatan secara signifikan, mengalami sakit yang membutuhkan biaya besar, dan lain sebagainya. Jika hal-hal itu terjadi, maka perencanaan keuangan pun akan dilakukan dari awal lagi. Kemudian, diteruskan dengan proses-proses berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini