Share

MNC Pictures Kuasai 40% Market Share, MSIN: Ikatan Cinta Fenomenal

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Kamis 08 Juli 2021 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 278 2437778 mnc-pictures-kuasai-40-market-share-msin-ikatan-cinta-fenomenal-LRYjoLC5nD.jpg Sinetron Ikatan Cinta raih Penghargaan dari Menko Airlangga (Foto: MNC Media)

JAKARTA - PT MNC Studios International Tbk (MSIN) menyelenggarakan public expose (PE) insidentil hari ini.  Paparan publik tersebut dihadiri oleh sejumlah Direksi Perseroan.

Dalam paparannya, Direktur MNC Studios International, Titan Hermawan menjelaskan dari segi kuantitas, pencapaian MNC Pictures berhasil menguasai 40% market share produksi drama di Indonesia dengan 2.002 jam selama semester I 2021. 

Sementara dari segi kualitas MNC Pictures memiliki program unggulan sinetron berjudul Ikatan Cinta di mana mampu menjadi tayangan yang sangat fenomenal.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta Raih Penghargaan Menko Airlangga, Saham MSIN To The Moon!

“Sinetron Ikatan Cinta ini bisa fenomenal karena sejak pertama kali ditayangkan pada 19 Oktober 2020, sinetron ini mampu bertahan dengan performa yang sangat signifikan baik, dengan rata-rata share 43,3% dan mencapai 348 episode,” ujarnya dalam acara Public Expose Insidental secara virtual, Kamis (8/7/2021).

Lanjutnya, ia menyampaikan MNC Pictures sudah mencapai performa puncaknya pada share 55%. Hal ini menjadi suatu pencapain tertinggi sejak tahun 2005 dan sekarang sinetron Ikatan Cinta berhasil pecah rekor.

Baca Juga: Keren! Sinetron Ikatan Cinta Raih Penghargaan dari Menko Airlangga

Dengan pencapaian tersebut, menjadikan banyak penghargaan yang diperoleh MNC Pictures dari Museum Rekor Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koordinator Perekonomian sebagai program televisi yang paling banyak ditonton dan menghibur selama masa pandemi.

Perlu diketahui, selama year to date (YTD) 2021 dari Top 10 proses series, sinetron yang diproduksi oleh MNC Pictures berhasil menoreh enam rating teratas secara beruntun. Urutan pertama Ikatan Cinta, kedua Amanah Wali,  ketiga Preman Pensiun, keempat Amanah Wali, kelima Amanah Wali, dan keenam Putri Untuk Pangeran.

“Ini suatu pencapaian yang sangat luar biasa ditahun ini terutama pada masa pandemi kami diberikan berkah yang sangat besar untuk bisa menghibur para penonton di rumah di tengah pandemi Covid-19,” terangnya.

Selanjutnya, Titan memaparkan bahwa MNC Pictures telah mengembangkan dan meluncurkan aplikasi baru. Aplikasi ini berisi ‘koleksi’ konten Intellectual Property (IP) yang berbasis story (tulisan, audio, video) dengan berbagai format User Gnerated Content yang bertujuan untuk mendapatkan IP baru dari content creator dan mengatur IP menjadi format lain. Menariknya pada aplikasi ini pengguna dapat mengikuti casting online yang dimana hal itu sebagai pintu masuk menjadi pemain sinetron.

“Rencana aplikasi ini akan resmi launching di kuartal IV-2021 dan pengguna bisa menikmati aplikasi ini di platform Android dan iOS” jelas dia.

Berikutnya, anak usaha dari Media Nusatara Citra Terbuka ini akan meluncurkan Movieland. Pada Februari 2021 MSIN telah melakukan peletakan batu pertama untuk menandai dimulainya projek tersebut.

Movieland merupakan salah satu kawasan Creative Economy Hub di MNC Lido City yang dibuat sebagai pusat pembuatan film dan Serial Drama (TV&OTT) yang terbesar di Asia Tenggara, terintegrasi dengan berbagai fasilitas dan peralatan berstandar internasional.  

“Kawasan ini akan berada di Lido City Bogor. Dengan adanya kawasan Movieland ini seluruh kegiatan shooting MNC Pictures akan dipusatkan di sini,” tutur Titan.   

Follow Berita Okezone di Google News

Pada kesempatan ini dipaparkan pula penjelasan bisnis lain dari MSIN yakni Asia Media Productions (AMP) atau Rumah Produksi Reality Show. Direktur Utama MNC Studios International, Ella Kartika menjelaskan AMP merupakan pemasok produksi reality show televisi FTA MNC Group dan pihak ketiga serta memproduksi konten orisil untuk media sosial dibawah channel Asia Media Production.

“Kami juga ada miliki MNC Animation & Games atau Rumah Produksi Animasi dan Games dimana sejak tahun 2011, MNC Animation telah menghasilkan beberapa judul animasi papan atas seperti Kiko, Zak Strom, Bima, dan Titus. Kami percaya pada potensi produksi animasinya bisa diakui secara global sebagai salah satu produsen konten animasi terbaik di Asia,” terang dia.

Tak hanya itu, dalam acara yang sama, Direktur MNC Studios International, Lina Priscilla juga menjelaskan mengenai Star Media Nusantar (SMN) atau Manajemen Artis. SMN merupakan manajemen artis terbesar di Indonesia yang menaungi kurang lebih 400 talent dengan kontrak eksklusif. Di mana didalamnya meliputi berbagai genre seperti penyanyi, presenter, actor, aktris, comedian, chef, magician, dan influencer.

“Kami juga memiliki record label seperti Record, Swara Bintang. Selain itu SMN memuliki publishing company seperti Swara Cipta Musikindo dan MNC StarHits,” tambahnya.

Sementara itu hadir pula Direktur MNC Studios International, Valencia Tanoesoedibjo yang memaparkan mengenai ESport Star. Ia menerangkan ESport Star dimulai sejak 2019 dengan memproduksikan event management dan menyiarkan beberapa acara terkait gaming dan ESport.

“PT ESport Star Indonesia ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan peluncuran video games, kompetisi ESport, pencarian bakat, dan menejemen tim ESport. Per Agustus 2020 MNC Group melahirkan sebuah program sebuah ajang pencarian bakat gaming dan ESport pertama di Asia Tenggara yaitu ESport Star Indonesia,” papar Valencia.

Lanjutnya ditahun 2021, MNC Studios akan kembali menyelenggarakan ajang pencarian bakat ESport Star Indonesia season 2. Selain itu beberapa acara ESport dan gaming dengan mitra unggul seperti Garena Games juga akan ditayangkan.

“MNC Studios juga akan menerbitkan games FPS terbaru yang berjudul Rapid Fire pada September mendatang,” tutupnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini