Share

Seleksi CPNS 2021, Ini Ketentuan Wajib Pelamar PPPK Guru

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 09 Juli 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 320 2438106 seleksi-cpns-2021-ini-ketentuan-wajib-pelamar-pppk-guru-zXuQxjnjNn.jpg PNS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK resmi dibuka mulai tanggal 30 Juni hingga 21 Juli 2021 mendatang. Adapun Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat sebanyak 1.100.945 pelamar seleksi CPNS dan PPPK telah mengisi formulir pendaftaran pada Kamis (8/7) pukul 11:42:43 WIB.

Baca Juga:  Beda dengan PNS, PPPK Bisa Dikontrak hingga 5 Tahun

Dikutip dari akun Instagram resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) @bkngoidofficial, ada beberapa ketentuan yang harus dilaksanakan oleh pelamar PPPK Guru dan PPPK Guru bagi penyandang disabilitas. Hal tersebut dilaksanakan setelah syarat pelamar sudah terpenuhi.

“Kalau udah syaratnya kita penuhi kemudian apa aja sih ketentuan yg harus dilaksanakan oleh pelamar #CASN2021 ?,” tulis akun Instagram BKN, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021, Waspada Modus Penipuan 'Jalur Orang Dalam'

Ada empat ketentuan bagi pelamar PPPK Guru, pertama, dilakukan secara online melalui sscasn.bkn.go.id dan hanya membuat satu akun di awal pembukaan seleksi. Kedua, PPPK tidak bisa melamar bersamaan dengan PNS.

Ketiga, hanya dapat melamar pada satu instansi dan satu kebutuhan jabatan. Terakhir, bila melamar lebih dari satu instansi dan/atau satu jenis jabatan menggunakan dua nomor identitas kependudukan yang berbeda, palamar dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, pada penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini, pemerintah juga memberikan kesempatan bagi para penyandang disabilitas.

“Nah pada penerimaan #CASN2021 ini pemerintah juga memberikan kesempatan bagi teman2 disabilitas. Apa saja sih persyaratannya?,” tulis akun Instagram BKN.

Berikut ketentuan pelamar PPPK Guru bagi penyandang disabilitas:

- Melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

- Menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

- Penyandang disabilitas rungu tidak dapat melamar pada jabatan guru Bahasa Indonesia ahli pertama dan guru Bahasa Inggris ahli pertama.

- Penyandang disabilitas daksa tidak dapat melamar pada jabatan guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan ahli pertama.

- Penyandang disabilitas netra tidak dapat melamar pada jabatan guru seni budaya keterampilan ahli pertama.

Kemudian, terdapat perjanjian kerja pada jabatan PPPK Guru. Adapun masa hubungan kerja paling singkat yakni satu tahun dan paling lama lima tahun. Selain itu, masa hubungan kerja dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi daerah.

Sementara itu, bagi pelamar disarankan untuk tidak salah dalam memilih formasi ataupun instansi. Sebab, akan ada sanksi bagi PPPK Guru yang mengundurkan diri.

“Ingat yaa #SobatBKN, jangan sampai salah pilih entah formasi atau instansi kemudian menyesal, karena akan ada punishment bagi kalian yang melanggar,” tulis akun Instagram BKN.

Berikut sanksi pengunduran diri PPPK Guru:

1. Pelamar yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan mendapat persetujuan nomor induk PPPK, kemudian mengundurkan diri, diberikan sanksi.

2. Tidak boleh melamar pada penerimaan ASN untuk satu periode berikutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini