Dolar Menguat Didorong Turunnya Klaim Pengangguran AS

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 278 2441417 dolar-menguat-didorong-turunnya-klaim-pengangguran-as-Or6yiLMAtp.jpg Dolar Amerika Serikat. (Foto: Okezone.com)

NEW YORK - Dolar AS menguat pada perdagangan Kamis, setelah sebelumnya melemah. Indeks dolar, terhadap enam mata uang lain, naik 0,2% menjadi 92,603.

Dolar AS menguat didorong oleh data jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran menunjukkan penurunan. Sebab pasar tenaga kerja AS terus mendapatkan daya tarik.

Baca Juga: Indeks Dolar AS Lesu Tertekan Euro

Sementara itu, sterling stagnan terhadap dolar, setelah pembuat kebijakan Bank of England Michael Saunders mengatakan bahwa bank sentral dapat menghentikan program pembelian obligasi lebih awal karena kenaikan inflasi.

Dolar Kanada terhadap dolar AS juga melemah ke level terendah 3 bulan. Hal ini disebabkan melemahnya harga minyak dan laporan ADP yang menunjukkan Kanada kehilangan 294.200 pekerjaan pada Juni.

Baca Juga: Data Inflasi Picu Penguatan Dolar AS

Sebenarnya dolar AS melemah pada perdagangan sebelumnya, setelah Federal Reserve menyatakan tidak ingin terburu-buru mengubah kebijakan moneter pasca-pandemi yang lebih ketat. Ketua Fed Jerome Powell pun mengatakan, The Fed tetap fokus untuk membuat sebanyak mungkin orang kembali bekerja.

“Tentu saja ada suara yang berbeda di FOMC tetapi posisi Ketua tampaknya cukup jelas. Diskusi dan keputusan tidak akan terjadi sampai akhir tahun ini,” Kepala Strategi FX Scotiabank, Shaun Osborne, dilansir dari Reuters, Jumat (16/7/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini