Merger Pelindo I-IV, Kapan Terealisasi?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 320 2442147 merger-pelindo-i-iv-kapan-terealisasi-dKf1ICtG2x.jpg Merger Pelabuhan Indonesia. (Foto: Okezone.com/Pelindo II)

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengintegrasikan seluruh BUMN pelabuhan I-IV dalam waktu dekat.

Menyikapi rencana ini, Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono mengatakan, rencana mergerisasi akan dilakukan pada September 2021. Selain penggabungan induk Pelindo, nanti akan didirikan sub holding dapat diimplementasikan.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Komisaris Pelindo II, Ini Susunan Terbarunya

"Pelindo akan merger 1,2,3,4 bicara mergerkonsolidasi, merger sebenarnya ini sudah bicara 10 sampai 15 tahun yang lalu, tapi belum terjadi. Semoga saja secepatnya khusunya di era pemerintahan sekarang bisa segera terealisasi dan kami nanti akan sampaikan," kata Arif melalui webinar virtual, Sabtu (17/07/2021).

Dirinya memaparkan, kondisi pelabuhan saat ini dan menyampaikan alasan dari kondisi permasalahan yang ada di masing-masing pelabuhan.

Baca Juga: Pelindo I Catat Arus Petikemas Naik 7,72% pada Mei 2021

"Ada masalah beberapa tentunya seperti biaya logistik yang tinggi akibat operasional dan infrastruktur pelabuhan yang kurang optimal sehingga waktu tunggu dan koneksifitas kurang maksimal," ujarnya.

Di samping itu, dirinya menyampaikan masalah yang dihadapi kedua dalam industri pelabuhan yaitu struktural yang kurang optimal.

"Untuk mengembangkan operasional dan infrastruktur sehinggga menyebabkan efisiensi dan kurang optimalnya belanja modal. Maka kami katakan perlu adanya integrasi untuk mengatasi masalah yang ada," ujarnya.

Dirinya yakin dengan intergrasi ini ini bisa dilaksanakan dan menyatukan 4 pelabuhan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik kedepan.

"Di Indonesia ada 4 BUMN yang bergerak di bidang pelabuhan yaitu pelabuhan 1,2, 3 dan 4. Pelindo I di Medan, Pelindo 2 di tengah, Surabaya, Pelindo 4 di Makasar. Ke depan kami akan melakukan integrasi dan saling bersinergi untuk seluruh BUMN dalam layanan pelabuhan tanpa adanya pemisahan wilayah operasional," paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini