Vaksinasi Pelaku UMKM Dipercepat

Antara, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 320 2445614 vaksinasi-pelaku-umkm-dipercepat-VjX8D9zekb.jpg Menkop UKM Teten Masduki dorong percepatan vaksinasi UMKM (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong percepatan program vaksinasi bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Percepatan vaksinasi dalam rangka mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sekaligus meningkatkan kinerja dalam pemulihan ekonomi pasca krisis pandemi COVID-19.

Menkop UKM mengakui bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami tantangan dalam menghadapi pandemi yang dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dan perekonomian sangat terasa.

Baca Juga: Strategi Pemulihan Ekonomi, Ketua OJK Ajak Alumni UNS Sukseskan Program Vaksinasi

"Kami akan terus mendukung aneka program vaksinasi di seluruh Indonesia. Terutama, bagi para pelaku UMKM," ucap Teten dilansir dari Antara, Minggu (25/7/2021).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut angka kematian Covid-19 meningkat disebabkan beberapa faktor. Salah satunya pasien menderita komorbid atau belum menerima vaksin.

Baca Juga: Menag: Program Vaksinasi Merupakan Penjabaran Ajaran Agama

Faktor lain adalah kapasitas rumah sakit (RS) yang sudah penuh, pasien ketika datang saturasinya sudah memburuk, hingga meninggal karena tidak terpantau saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Dari hasil penelitian tim di lapangan, angka kematian meningkat karena beberapa faktor, kapasitas RS yang sudah penuh, pasien yang ketika datang saturasinya sudah buruk, serta meninggal karena tidak terpantau ketika melakukan isolasi mandiri di rumah,” ujar Luhut.

Karenanya, pemerintah pusat mengarahkan agar jajaran pimpinan provinsi se-Jawa dan Bali hingga kementerian dan lembaga (K/L) terkait untuk menindaklanjuti kasus kematian Covid-19 yang tercatat meningkat signifikan dalam satu minggu terakhir.

“Setelah memahami faktor-faktor ini, kita harus melakukan intervensi untuk mengurangi angka kematian secara cepat,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini