PPKM Turun Level, Ekonomi Dilonggarkan?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 320 2448826 ppkm-turun-level-ekonomi-dilonggarkan-ScdtwAvZDb.jpg PPKM Dilanjutkan atau Tidak, Ekonomi Harus Tetap Berjalan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berakhir pada 2 Agustus 2021 atau dua hari lagi. Perekonomian Indonesia pun diharapkan bisa pulih meski ada pembatasan kegiatan masyarakat.

Direktur Center of Economic and Law Studies CELIOS, Bhima Yudhistira mengatakan, jika PPKM dilanjutkan atau tidak, sektor ekonomi harus dilonggarkan dan kegiatan perekonomian harus berangsur jalan membaik.

Baca Juga: Mohon Maaf! IMF Turunkan Proyeksi Ekonomi RI 2021 Jadi 3,9%

“Sinyal perpanjangan PPKM masih cukup kuat melihat kasus harian dibeberapa daerah meningkat dan angka kematian masih tinggi. Tapi pertanyaannya apakah PPKM Level 4 dilanjutkan, Saya kira PPKM ini akan dilonggarkan menjadi level 3 atau 2. Jadi lanjut atau tidak harus ada pelonggaran,” kata Bhima saat dihubungi MNC News Portal Indonesia, Sabtu (31/7/2021).

Bhima menuturkan, dengan adanya regulasi yang telah dipaparkan pada level 4 dan level 3 terdapat beberapa pelonggaran aktifitas ekonomi yang tentu menjadi angin segar bagi pelaku usaha dari berbagai sektor.

Baca Juga: Pertimbangkan Semua Aspek, Menko Airlangga: Kita Terus Dorong Upaya Pengendalian Laju Covid-19

“Misalnya masa PPKM Level 3, Pada PPKM Level 3, kegiatan makan atau minum di warung, dan pedagang kaki lima diizinkan dengan kapasitas 25% dan jam opersional maksimal pukul 17.00 waktu setempat. Khusus untuk restoran yang hanya melayani pesan antar atau dibawa pulang, dapat beroperasi selama 24 jam. Pusat perbelanjaan atau mal juga diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 25%,” paparnya.

Meskipun demikian Bhima mengaku pertimbangan ekonomi menjadi keberlangsungan usaha mikro dan hal tersebut membuat pertimbangan pemerintah yang nantinya akan berdampak terhadap pihak disektor yang sensitif terhadap penurunan mobilitas penduduk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini