Share

Tiru Cara Sukses Bisnis Kylie Jenner, Raup Rp6 Triliun dalam 18 Bulan

Agregasi Solopos, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 455 2453503 tiru-cara-sukses-bisnis-kylie-jenner-raup-rp6-triliun-dalam-18-bulan-pvdhkBCCYS.jpg Belajar bisnis dari Kylie Jenner (Foto: Instagram)

JAKARTA - Muda dan kaya, dua hal yang dekat dengan pengusaha sukses Kylie Jenner. Kesuksesan artis asal Amerika Serikat menjadi sorotan karena mampu menjadi CEO bisnis makeup yang ia bangun sendiri, Kylie Cosmetics di usia 20 tahun.

Kylie mampu meraup USD420 juta setara Rp6 Triliun (kurs Rp14.300) hanya dalam waktu 18 bulan. Bahkan, bisnisnya ini tercatat sebagai billion dollar enterprise, berdasarkan Women’s Wear Daily. Tak hanya itu, Kylie juga menjadi orang termuda yang masuk ke dalam daftar Forbes Celebrity 100 dengan meraup penghasilan sekitar USD41 juta pada 2017 lalu. Selain berbisnis, pendapatan itu ia dapatkan dari endorsement dan Televisi Show.

Lantas, apa rahasia sukses Kylie Jenner dalam mengembangkan bisnisnya secara pesat? Dilansir dari Solopos, Selasa (10/8/2021), berikut pelajaran bisnis dari Kylie:

Baca Juga: Bisnis Susu Kuda Liar, Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

1. Jadilah orang yang bersahabat, tapi tetap tegas

Jika menonton reality show-nya, Anda akan menyadari bahwa Kylie adalah orang yang sangat bersahabat. Misalnya, ia bisa bebas bercanda dengan makeup artist-nya, Ariel Tedja. Namun, di kala ada hal yang tidak disukai Kylie dari Ariel, ia tidak akan sungkan untuk mengatakannya.

“Sebenarnya aku harus belajar menyeimbangkan antara persahabatan dan bisnis, aku hanya mencoba mengambil peran sebagai seorang pemimpin dan berdiri sesuai caraku sendiri karena orang-orang bisa saja memanfaatkanmu,” terangnya.

Hal ini pun semakin menegaskan bahwa dekat kepada karyawan adalah hal yang menyenangkan. Tidak ada salahnya dengan hal tersebut. Namun, Anda juga perlu memiliki batasan-batasan sendiri, terutama soal pekerjaan.

Jika ada hal yang tidak sesuai dengan fungsi bisnis, Anda berhak untuk menjadi pemimpin yang tegas. Jangan diam saja, meski Anda mengenal betul atau berteman baik dengan karyawan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis cerdas yang sesuai tempat dan waktunya.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tahu Bacem

2. Jangan takut hadapi para copycats atau pesaing

Suatu kali, Kylie pernah menemukan bahwa ada penjual yang menjajakan kosmetik palsu dengan brand-nya. Rupanya, kandungan dalam kosmetik tersebut tidak baik untuk kulit, bahkan bisa menyebabkan jerawat dan infeksi.

Oleh karena itu, perempuan kelahiran Los Angeles, 10 Agustus 1997 ini pun mengingatkan para penggemarnya untuk tidak membeli kosmetik palsu tersebut.

“Aku hanya tidak ingin orang berpikir bahwa (kosmetik palsu) ini adalah representasi dari produk dan siapa diriku, ujar Kylie.

3. Gunakan media sosial sebagai media pemasaran gratis

Strategi ketiga yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis cerdas ialah gunakan media sosial Anda. Untuk diketahui, saudari model Kendall Jenner ini mengakui bahwa ia tidak mengeluarkan uang untuk memasarkan produknya.

Ia lebih memilih untuk menggunakan media sosialnya, seperti Instagram dan Snapchat untuk mempromosikan kosmetiknya.

Biasanya, Kylie akan mencoba lipstik pada bibir atau memulaskan eye shadow pada matanya untuk memberikan gambaran warna produknya. Selain itu, ia juga memberikan tutorial singkat kepada para pengikutnya.

Zaman kini, banyak perusahaan yang meningkatkan penggunaan media sosial untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Entah bisa berupa kuis, meme lucu nan interaktif, pemberian diskon spesial jika mem-follow media sosial si perusahaan, dan sebagainya.

4. Dapatkan rasa hormat di tempat kerja

Kylie menyadari, di umurnya yang baru 20-an tahun, tidak semua orang berpikir bahwa dirinya adalah seorang CEO. “Aku tidak terlalu serius menganggap diriku sebagai seorang business woman karena umur dan reputasiku,” akunya. “Namun, aku mulai mencoba untuk tidak main-main akan hal tersebut. Aku akan membuktikan bahwa orang lain keliru.”

Rasanya Anda pun setuju bahwa seorang CEO atau pebisnis lainnya bisa memimpin lewat contoh yang baik. Misalnya, Anda ingin memberitahu karyawan Anda untuk tidak telat datang ke setiap meeting.

Karenanya, setiap hari Anda datang ke kantor tepat waktu, bahkan datang 30 menit sebelum jam kerja reguler dimulai. Di samping itu, Anda juga bisa mengandalkan mentor dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu, segala contoh yang baik bisa Anda terapkan bukan hanya untuk karyawan Anda, melainkan untuk diri Anda sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini