Harga Batu Bara Terus Naik, Apa Dampaknya ke PLN?

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 320 2454790 harga-batu-bara-terus-naik-apa-dampaknya-ke-pln-xkZVCNW5rq.jpg PLN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Niaga dan Pelayanan PT PLN (Persero) Bob Saril menyebut, kenaikan harga batu bara saat ini tentu berpengaruh pada pembangkit listrik PLN. Namun dengan adanya kebijakan harga batu bara domestic market obligation (DMO) sebesar USD70 per ton maka PLN hanya membeli dengan harga tersebut.

"Jadi berapapun kenaikan tetap saja dengan adanya DMO ini PLN membeli dengan harga USD70 per ton," ujarnya ketika dihubungi, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: PLN Produksi Oksigen Medis, Erick Thohir: Sebuah Terobosan

Namun demikian, PLN juga perlu memastikan pasokan agar kebutuhan pembangkit listrik PLN tidak terganggu karena tingginya disparitas harga batu bara DMO dan ekspor.

Baca Juga: Utang Rp500 Triliun, Erick Thohir Minta PLN Jangan Ada Lagi Proyek Aneh, Stop yang Tak Penting!

Bob melanjutkan, meski harga jual batu bara ke pembangkit jauh di bawah harga batu bara di pasaran, namun para produsen masih tetap mendapatkan keuntungan. Untuk itu, dia meminta para produsen batu bara tetap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini