Bye Boros! Ini Tips Menabung Anti Gagal

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 622 2454730 bye-boros-ini-tips-menabung-anti-gagal-ipi7rn0Yk2.jpg Tips Menabung (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tidak semua orang bisa menabung, apalagi jika ada kebutuhan yang lebih besar. Namun, cara di bawah ini mungkin membuat Anda bisa menabung.

Secara tidak sadar kini banyak generasi milenial yang mengabaikan kebiasaan menabung. Sebenarnya pada masa pandemi seperti sekarang ini memiliki tabungan adalah hal yang sangat penting karena bisa menjadi cadangan dana darurat di kemudian hari.

Pada dasarnya, konsep menabung adalah menantang diri sendiri untuk bisa menyisihkan uang dalam jumlah tetap setiap bulan. Memiliki pendapatan tetap maupun yang tidak memiliki pendapatan tetap, keduanya bisa menabung asalkan ada kemauan dari dalam diri.

Baca Juga: 6 Tips Menabung Uang Lebih Banyak meski Pengeluaran Besar

Dilansir dari media sosial resmi konsultan keuangan Prita Hapsari Ghozie @pritaghozie, Prita membagi tips menabung konsisten yang menghasilkan cuan. Berikut tipsnya, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Pertama, jika Anda ingin menabung dengan uang digital, sisihkan sekian ribu rupiah dari saldo dompet digital untuk investasi reksa dana ataupun beli emas yang tersedia di platform-platform dompet digital.

Kedua, pilih satu hari yang menjadi hari menabung Anda. Saat uang terkumpul minimal Rp10 ribu, langsung ditransfer untuk membeli reksa dana, saham, ataupun emas.

Ketiga, jika sudah dibelikan via platform digital, setiap akhir bulan cek saldo pertumbuhan aset investasi Anda.

Terakhir, tiap bulan tantang diri Anda untuk bisa menyisihkan lebih banyak lagi untuk dapat membeli investasi agar jumlah tabungan kian bertambah.

Sementara, jika Anda ingin menabung secara konvensional, caranya, kumpulkan lembaran uang yang Anda punya setiap hari kemudian masukkan ke dalam wadah bening yang terlihat mata.

Untuk mempermudah, Anda dapat menabung dengan skema berikut:

Pekan 1: Senin-Minggu menabung Rp1.000 per hari

Pekan 2: Senin-Minggu menabung Rp5.000 per hari

Pekan 3: Senin-Minggu menabung Rp10.000 per hari

Pekan 4: Senin-Minggu menabung Rp20.000 per hari

Tanpa disadari, jika Anda konsisten melakukan dengan skema tersebut, Anda sudah menabung Rp 252.000 dalam sebulan.

“Terkadang hidup itu bukan tidak bisa menabung, tapi tidak ada kemauan buat nabung. Jika ini yang terjadi segera sadar dan perbaiki. Bagaimanapun masa muda tidak datang 2x kan ?,” pungkas Prita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini