Beli Saham Jangan Cuma Ikut-ikutan

Antara, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 278 2455079 beli-saham-jangan-cuma-ikut-ikutan-ywmG2eXlNZ.jpg Tips Investasi Saham. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Investor dan calon investor disarankan untuk bersikap rasional dan tidak ikut-ikutan saat memutuskan untuk membeli saham tertentu di pasar modal.

"Investor harus lebih rasional. Artinya membeli sesuatu itu lihat barangnya, fundamentalnya apa, prospeknya seperti apa ke depan, sehingga tidak terjebak nanti," ujar Direktur Utama PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee, dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Banyak Masyarakat Mulai Investasi saat Pandemi Covid-19

Menurut Hans, investor saham harus mau belajar agar benar-benar memahami seluk beluk tentang investasi saham itu sendiri dan juga mempelajari emiten atau perusahaan tercatat, baik kinerjanya maupun prospek di masa yang akan datang. Proses pembelajaran itu salah satunya dapat diperoleh melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) yang biasanya digelar oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan perusahaan sekuritas dan Manajer Investasi (MI).

Setelah memiliki bekal pengetahuan yang cukup, investor diharapkan dapat melakukan analisa dan lebih bijak dalam berinvestasi saham sesuai dengan tujuannya, tidak hanya sekedar mengikuti rekomendasi saham dari pihak-pihak tertentu.

Baca Juga: Jangan Berani Ngutang jika 2 Hal Ini Tak Bisa Dipenuhi

"Kalau saya lihat investor Indonesia itu lebih ke faktor psikologis. Kalau orang lagi bingung kan dia searching for leader, cari pemimpin. Nah pemimpinnya ini kan orang-orang yang punya nama. Ada pemimpin mereka ini pompomers saham, mengambil keuntungan di sana. Inilah yang jadi masalah, bilang bagus bagus bagus terus pada beli. Jadi ini juga PR bahwa kita harus trust dengan apa yang kita analisa daripada mendengarkan kata orang lain," kata Hans.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini