Pertumbuhan Ekonomi Sangat Bergantung pada Kesuksesan Pengendalian Pandemi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 320 2456678 pertumbuhan-ekonomi-sangat-bergantung-pada-kesuksesan-pengendalian-pandemi-gnAoxEyten.jpg Pertumbuhan Ekonomi Sangat Bergantung pada Pengendalian Covid-19. (Foto :okezone.com)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi nasional masih sangat bergantung pada efektivitas penanganan Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah sangat serius mencegah penularan Covid-19 dengan beragam cara.

“Pertumbuhan Ekonomi sangat tergantung pada pengendalian pandemi, respon kebijakan ekonomi yang tepat, penciptaan lapangan kerja, dan kesiapan melakukan transformasi digital untuk masa depan kita bersama,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Target Jokowi 2022, Kemiskinan Ekstrem Turun hingga Defisit APBN Maksimal 3%

Menurut Airlangga, berdasarkan data historis pada kuartal pertama tahun ini, jumlah kasus aktif Covid-19 tercatat di kisaran lebih dari 170 ribu kasus dan berdampak pada angka pertumbuhan ekonomi yang berada di kisaran -0,74%.

“Pemerintah masih optimistis kinerja ekonomi di tahun 2021 dan tahun 2022 masih akan positif, sejalan dengan pemulihan ekonomi global dan bauran strategi yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pernah 10,9%, Tertinggi sejak Merdeka! Ini Jejaknya

Tidak dapat dipungkiri, bahwa peningkatan kasus positif Covid-19 yang berdampak pada pemberlakuan PPKM telah mempengaruhi laju pemulihan ekonomi. Namun, Pemerintah terus menjaga fleksibilitas APBN untuk merespon dinamika pandemi Covid-19.

“Pemerintah kini mewaspadai angka pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga, ketika angka kasus Covid-19 pernah mencapai puncak tertinggi di kisaran 573 ribu kasus. Untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 yang berada pada kisaran 3 – 4% maka Pemerintah menargetkan penurunan kasus aktif paling lama pada akhir September,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini