ICAII 2021 Apresiasi Inovasi di Tengah Perbaikan Ekonomi Diikuti Ratusan Perusahaan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 278 2457181 icaii-2021-apresiasi-inovasi-di-tengah-perbaikan-ekonomi-diikuti-ratusan-perusahaan-VroxD1wsEt.jpg IDX Channel Gelara Acara Anugerah Inovasi Indonesia. (Foto: Okezone.com/IDX)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia hampir 1,5 tahun, dan menyisakan berbagai dampak sistemik terhadap sektor ekonomi dan sendi-sendi bermasyarakat lainnya. Pembatasan mobilitas masyarakat yang menjadi alat kontrol pengendalian penyebaran virus, berimbas langsung pada penurunan aktivitas ekonomi yang sangat menekan dunia bisnis.

Beberapa dampak nyata yang dirasakan langsung oleh pelaku ekonomi di antaranya adalah penurunan demand, terganggunya rantai pasok, terganggunya proses produksi, kesulitan keuangan, dan pengurangan tenaga kerja. Walaupun terdapat sedikit perbaikan pada indikator ekonomi kuartal ke-2 2021, namun bayang-bayang gelombang kedua pandemi masih menjadi tantangan saat ini.

Baca Juga: Pergerakan IHSG Masih Dihantui Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali

Untuk menghadapi dinamika lingkungan yang demikian menekan, perusahaan melakukan berbagai cara dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari melakukan efisiensi operasi, restrukturisasi organisasi, penyesuaian produk dan layanan, hingga ke redesain model bisnis. Inti dari seluruh tindakan respons tersebut adalah beradaptasi, menyesuaikan diri dengan kondisi aktual sehingga tantangan dapat dirubah menjadi peluang.

Kemampuan berinovasi saat ini menjadi jauh lebih dibutuhkan daripada kondisi sebelumnya. Perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan hal baru di semua lini agar tetap relevan dan mampu bertahan mengarungi krisis.

Menemukan inovasi di tengah krisis bukanlah hal yang mudah. Selain disebabkan oleh kapabilitas inovasi sebelumnya yang tidak terasah, di masa sulit ini juga banyak perusahaan yang tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membiayai inovasi. Namun di dalam berbagai kesulitan tersebut, muncul perusahaan-perusahaan unggul yang menunjukkan bahwa inovasi dapat dilakukan dan menjadi pendorong bagi usaha pemulihan ekonomi.

Baca Juga: MNC Studios (MSIN) Gandeng Garena Indonesia Produksi Free Fire Master League

Untuk memberikan penghargaan kepada komitmen dan kinerja inovasi yang telah ditunjukkan, IDX Channel sebagai media yang berkomitmen tinggi membangun dunia bisnis Indonesia menyelenggarakan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 dengan tema Accelerating Economic Recovery In Pandemic yang akan dilaksanakan pada Kamis, 19 Agustus 2021 pukul 20.00 WIB.

Ketua Dewan Juri IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 Dr. Wahyu T. Setyobudi mengatakan, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 ini adalah ajang yang sangat penting untuk memberikan penghargaan atas kinerja inovasi yang unggul di masa pandemi. Selain menjadi motivasi pendorong bagi insan inovatif di perusahaan, penghargaan juga berperan sebagai benchmark sekaligus pemberi inspirasi bagi perusahaan lainnya, baik di industri yang sama maupun lintas industri.

“Saya berbangga bahwa di masa sulit ini, peserta ICAII 2021 semakin banyak dengan ide inovasi yang semakin beragam. Semoga perusahaan yang berhasil mendapatkan anugerah bisa membagikan kisah suksesnya, sekaligus meningkatkan usaha inovasi berkelanjutan hingga mampu keluar dari krisis dan secepatnya melejit lagi dengan kondisi perusahaan yang lebih prima,” ucapnya.

Direktur IDX Channel Apreyvita Dyah Wulansari mengatakan IDX Channel Anugerah Inovasi merupakan event ketiga IDX Channel sejak 2019, IDX Channel memberikan apresiasi terhadap inovasi perusahaan terbuka maupun perusahaan non terbuka baik perusahaan BUMN maupun swasta.

“Kami sangat mengapresiasi keterlibatan perusahaan-perusahaan baik listed maupun non listed, dari perusahaan BUMN maupun swasta. Ini menunjukkan bahwa event tahun IDX ini menjadi salah satu ajang bagi perusahaan untuk mempersembahkan inovasi terbaik bagi inidonesa sekaligus berkontribusi terhadap reciovery ekonomi nasional dimasa pandemi,” ucap Apreyvita.

ICAII 2021 diikuti ratusan perusahaan dengan berbagai inovasi yang terdiri atas inovasi internal, inovasi eksternal, inovasi dalam sustainability dan inovasi produk dan model bisnis. Pemenang ICAII 2021 terdiri atas 20 pemenang kategori terbaik dari inovasi internal, inovasi eksternal, inovasi dalam sustainability dan inovasi produk dan model bisnis. Selain itu IDX Channel Anugerah Inovasi memberikan apresiasi inovasi untuk Innovative Visionary Corporate Leader Dan Innovative Strategic Corporate Leader.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini