3 Jalan Tol Baru sebagai Kado HUT Kemerdekaan ke-76 Indonesia

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 320 2457285 3-jalan-tol-baru-sebagai-kado-hut-kemerdekaan-ke-76-indonesia-4ampqmXwV3.jpg Kementerian PUPR Selesaikan 3 Proyek Jalan Tol. (foto: okezone.com/pupr)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memberikan kado HUT ke-76 RI dengan menyelesaikan tiga ruas jalan tol.

Pemerintah mengumumkan telah merampungkan pembangunan dua ruas jalan tol baru sepanjang 42,4 km dan satu jalan lingkar sepanjang 17,4 km di sejumlah Provinsi dan siap beroperasi berdasarkan Sertifikat Laik Operasi.

Baca Juga: Tarif Tol Jakarta-Surabaya Naik Jadi Rp722.000 Mulai 19 Agustus

Ketiga ruas jalan tersebut siap beroperasi guna meningkatkan konektivitas dan kelancaran lalu lintas dan logistik yang pada akhirnya mendorong tumbuhnya pusat pertumbuhan ekonomi baru.

"Kami selesaikan pembangunan 2 ruas jalan tol dan jalan lingkar yang bertepatan dengan momentum Dirgahayu RI ke-76 dan merupakan bukti bahwa Pemerintah bersama pelaku industri jasa konstruksi terus bekerja di tengah Pandemi Covid-19. Kami meyakini bahwa infrastruktur adalah salah satu pilar Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. Kami pun berharap bahwa sektor konstruksi dapat terus menjadi salah satu solusi dan tumpuan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang positif, sekaligus membantu Indonesia untuk pemulihan ekonomi nasional," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dilansir dari akun Instagram @Kemenpuprm Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Jokowi Pamer Tol Trans Sumatera, dari Aceh Sampai Lampung

Kedua ruas jalan tol yang siap diresmikan pengoperasiannya yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi I ruas Balikpapan - Samboja (22 km) dan Seksi V ruas Sepinggan - Balikpapan (11,1 km), Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang (9,3 km).

"Selain jalan tol, terdapat satu ruas jalan nasional yang siap diresmikan yakni Jalan Lingkar Brebes - Tegal sepanjang 17,4 km di Provinsi Jawa Tengah," terangnya.

Diproyeksikan kehadiran tiga ruas jalan tersebut dapat memangkas waktu tempuh hingga 50%. Sehingga akan dapat mengurangi biaya untuk logistik sekaligus juga dapat meningkatkan daya saing produk nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini