Gaji Dipotong? Ini 4 Tips Kelola Keuangan Selama Pandemi Covid-19

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 22 Agustus 2021 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 622 2459226 gaji-dipotong-ini-4-tips-kelola-keuangan-selama-pandemi-covid-19-gmVIMIqSFZ.jpg Tips Mengelola Keuangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pandemi covid-19 membuat sektor ekonomi terguncang. Hal ini memberikan dampak kepada pekerja. Tercatat, jumlah penduduk usia kerja yang terdampak pandemi covid-19 telah berkurang dari 29,12 juta orang pada tahun lalu menjadi 19,1 juta orang pada tahun ini.

Salah satu contoh pekerja terdampak pandemi Covid-19 adalah terkena pemotongan gaji hingga dirumahkan. Meski berat namun masih ada cara untuk menghemat keuangan maupun mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut 4 tips mengelola keuangan selama pandemi Covid-19 seperti dilansir Instagram Kemnaker, Jakarta, Minggu (22/8/2021).

1. Gunakan dana untuk hal penting-penting saja

2. Pisahkan dana untuk setiap masing-masing kebutuhan

3. Membuat simpanan dana daruat

4. Cari peluang sumber pendapatan alternatif tapi halal

Sebelumnya, pemerintah mengklaim jumlah penduduk usia kerja yang terdampak pandemi covid-19 telah berkurang dari 29,12 juta orang pada tahun lalu menjadi 19,1 juta orang pada tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penurunan terjadi berkat aktivitas industri yang mulai menggeliat di tengah pemulihan ekonomi. Hal ini membuat sektor ketenagakerjaan pun berangsur-angsur pulih.

"Sehingga penduduk usia kerja yang terdampak pandemi tahun lalu sebanyak 29,12 juta orang mulai tereduksi menjadi 19,1 juta orang," kata Airlangga belum lama ini.

Menurutnya, dengan PPKM Darurat dan pengetatan PPKM Mikro tentunya akan mendorong sektor konsumsi ke bawah sebagai dampak pembatasan kegiatan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah berupaya mengkompensasinya dengan optimalisasi belanja APBN.

"Salah satunya dengan program PEN agar konsumsi bisa terus terdorong," katanya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini