Demi Rakyat, Kemenkeu Komitmen Selesaikan Hak Tagih Kasus BLBI

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 320 2462510 demi-rakyat-kemenkeu-komitmen-selesaikan-hak-tagih-kasus-blbi-SgEsWYw7cl.jpg Kemenkeu Komitmen Selesaikan Kasus BLBI. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA- Kementerian Keuangan mendukung penuh upaya dan langkah yang telah dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) dalam menuntaskan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

“Ya tentu saja sesuai mandat Keputusan Presiden untuk apa yang telah dilakukan Satgas telah sesuai dan maksimal. Dan akan dilakukan kerja maksimal sebagaimana disampaikan Pak Mahfud sebelumnya, pemerintah berkomitmen menuntaskan penyelesaian hak tagih sehingga dapat digunakan untuk rakyat,” kata Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Pemerintah Sangat Serius Tuntaskan Kasus BLBI Tahun Ini

Dirinya mengatakan, untuk tindak lanjut ke depan terkait dengan penagihan terhadap 48 Debitur dan Obligor akan terus dilakukan dengan koordinasi dan sinergi yang baik.

“Atas aset yang sudah dipasang plang tentu ini penegasan bahwa ini hak milik negara dan tidak boleh dikuasai atau dimanfaatkan pihak lain secara tidak legal. Aset itu juga akan dikelola dengan baik agar menghasilkan pendapatan bagi negara (bagian dari eksekusi),” paparnya.

Baca Juga: KPK Bakal Kerahkan Satgas untuk Bantu Tangani Skandal BLBI

Kemudian dirinya menyampaikan untuk aset yang sudah dimanfaatkan, akan ada tindak lanjut pengosongan agar dapat segera dieksekusi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Harapannya semoga ini menjadi wujud negara hadir melakukan upaya sungguh-sungguh untuk memenuhi rasa keadilan dan hak publik,” tambahnya.

Ke depan selain pemasangan plang, Satgas BLBI akan melakukan pemblokiran, penyitaan, pelelangan, dan atau langkah hukum lainnya yang ditempuh sesuai ketentuan yang berlaku.

“Satgas BLBI telah merencanakan tindakan penguasaan dan pengawasan aset eks BLBI atas 1.672 bidang tanah dengan luas total sekira 15.288.175 m2, yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini