Pemisahan MIND ID dan Inalum Operating Ditargetkan Rampung Akhir 2021

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 320 2463976 pemisahan-mind-id-dan-inalum-operating-ditargetkan-rampung-akhir-2021-OQUI4jyyez.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Upaya pemisahan Inalum Operating dan Holding BUMN Pertambangan, MIND ID, ditargetkan terealisasi pada akhir 2021. Saat ini proses pemisahan tengah digodok Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.

Direktur Utama MIND ID, Orias Petrus Moedak mencatat, pihaknya masih menunggu proses administrasi yang diproses pemegang saham. Setelah itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum Inalum Operating dari holding.

"Jadi rencana untuk pemindahan prosesnya sedang berjalan dan saat ini di Kementerian BUMN untuk dilanjutkan ke Kementerian Keuangan. Dan nanti ada PP khusus mengenai itu. Jadi prosesnya diharapkan selesai tahun ini ya," ujar Orias dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Holding Ultra Mikro Dongkrak Penyaluran Kredit UMKM

Dalam arsip pemberitaan MNC Portal Indonesia, pemisahan perseroan pelat merah di sektor pertambangan itu menjadi salah satu syarat MIND ID yang berencana melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga: Direksi BUMN Pangan Temui Menteri KKP, Bahas Apa?

Orias mencatat, ada sejumlah tahapan yang dilakukan manajemen sebelum mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia. Tahap awal adalah pemisahan antara MIND ID dengan Inalum Operating.

Menurutnya, opsi IPO akan didasarkan pada kebutuhan keuangan perusahaan. Artinya, Jika dirasa perlu, maka opsi go public bisa terwujud. Sebaliknya, jika kemungkinan lain atau tidak menarik bagi perseroan, kemungkinan IPO tidak dilakukan.

"Pak Menteri BUMN sudah sampaikan mengenai rencana IPO jadi Inalum Operating akan berdiri sendiri dan MIND ID akan berdiri sendiri. Dari situ kita akan melihat rencana pengembangan ke depan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini