Share

Jokowi: Mindset Petani Harus Berubah dari Tradisional ke Smart Farming

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 320 2464347 jokowi-mindset-petani-harus-berubah-dari-tradisional-ke-smart-farming-EaHavnZV5l.jpeg Cara berpikir petani harus berubah menuju smart farming (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia menghadapi berbagai tantangan di bidang pertanian. Antara lain adanya tren pertanian 4.0 dan tantangan pembangunan di bidang pertanian yang semakin kompleks.

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya mengubah petani Indonesia menuju pada pertanian cerdas atau smart farming.

Baca Juga: Tenang! 270 Juta Masyarakat RI Tak Akan Kelaparan

“Pemerintah terus berupaya untuk mengubah mindset petani, petani kita. Dari pertanian tradisional ke pertanian modern smart farming. Terus mengembangkan dan melakukan inovasi dalam pengembangan teknologi produksi dan sistem distribusi,” katanya dalam acara Dies Natalis ke-58 IPB, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: RI Targetkan Ekspor Perkebunan Tembus Rp1.040 Triliun

Pada kesempatan itu Jokowi pun mengajak perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor sebagai pelopor inovasi di bidang pertanian.

“Menciptakan ruang yang makin nyaman bagi pemikiran dan karya-karya inovatif. Terus menemukan inovasi yang memberikan solusi cerdas bagi masyarakat. Khususnya peningkatan kesejahteraan para petani. Serta memperkuat hilirisasi riset dan inovasi dengan membangun jalinan yang kuat dengan dunia industri,” tuturnya.

Menurutnya dengan cara seperti itu IPB akan terus menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah pangan dan pertanian di Indonesia.

“Berkontribusi menghasilkan smart shortcut dalam peningkatan daya saing kita di bidang pangan dan pertanian. Sehingga negara kita dapat menjadi negara yang maju, yang berdikari di bidang pangan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini