Erick Thohir Ungkap 3 Kunci Sukses Berbisnis di Luar Negeri

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 13 September 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 455 2470416 erick-thohir-ungkap-3-kunci-sukses-berbisnis-di-luar-negeri-Iz6AbApGDF.jpg Erick Thohir Ungkap 3 Kunci Sukses (Foto: Dok BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap 3 kunci sukses saat masih berkarier di luar negeri. Tiga kata kunci yang menjadi pegangannya yakni Tuhan, keluarga, dan Indonesia.

Tuhan, kata Erick, yang memberi jalan baginya untuk menapaki karier bisnis di tingkat dunia, khususnya bisnis olahraga. Dia meyakini setiap langkah dan keputusan yang diambil karena petunjuk Tuhan.

"Kalau saya sendiri, saya tentu berterima kasih kepada Allah lah, karena tidak mungkin, kadang-kadang garis tangan kita gak tauh, perjalanan hidup kita kadang-kadang gak tauh, Allah lah yang memberikan jalan aja," ujar Erick Thohir dalam akun Youtube V-Entertainment dikutip Jakarta, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: 3 Kunci Sukses Jadi Pengusaha ala Erick Thohir

Pegangan kedua, keluarga. Erick memahami keluarga merupakan tumpuan utama manakah dia jatuh atau berada pada titik kesusahaan. Dan keluarga pulalah yang memberikan dukungan saat dia terpuruk.

"Biasanya, di titik-titik tertentu ketika kita lagi jatuh atau pun kita lagi gak percaya diri biasanya keluarga yang menjadi tumpuan utama dan mereka yang biasanya selalu ada di situ," katanya.

Meski sukses di pasar global, bagi Erick Indonesia merupakan pondasi awal bisnisnya. Sebagai pengusaha atau entrepreneur, dia lebih dulu menguatkan lini usahanya di dalam negeri kemudian merambah ke tingkat dunia.

"Terakhir indonesia, karena tentu, kalau saya kan entrepreneur cari makannya awalnya di Indonesia, gak mungkin saya punya uang kalau kalau bukan Indonesia, kalau lahir di tempat lain gak tau lagi garis tangannya. Jadi, saya berterimakasih kepada Indonesia dengan segala keunikannya," katanya.

Sejak 2012 lalu, bersama Levien, dia mendominasi saham di D.C. United.D.C United merupakan klub sepakbola profesional asal Washington, Amerika Serikat (AS). Klub ini kerap berkompetisi di Major League Soccer.

Mendominasi saham di klub ini membuat Erick Thohir menjadi pengusaha muda asal Indonesia yang terkenal di kalangan pebisnis Amerika Serikat. Bahkan, dia menjadi orang Asia pertama yang memiliki tim Basket NBA dengan membeli saham dari Philadelphia 76ers.

Tak hanya itu, Erick pun mengakuisisi 70 persen saham Klub Sepakbola asal Italia, Inter Milan pada 2013. Dia juga membeli dari Massimo Moratti seharga Rp 5,3 triliun pada saat itu. Erick Thohir lantas didapuk menjadi presiden Klub Inter Milan sejak 15 November 2013. Ia menggantikan Moratti yang menjadi presiden klub selama lebih dari 18 tahun.

Klub-klub lain lain yang diakuisisi adalah klub bola basket Amerika, Serikat Philadelphia 76ers (NBA), klub Satria Muda, dan Indonesia Warriors (ABL).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini