Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, yang Sudah Bayar Bisa Refund

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 320 2472929 diskon-ppnbm-100-diperpanjang-yang-sudah-bayar-bisa-refund-2iopnBgBzK.jpg Mobil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100% untuk kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021.

Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19 sehingga diharapkan terus dimanfaatkan.

Kepala BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan pajak PPnBM dan/atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor pada bulan September 2021 akan dikembalikan atau refund oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan pemungutan.

Baca Juga: Siap-Siap! Mobil LCGC Kena Pajak 3% Bulan Depan

"Kebijakan insentif PPnBM DTP kendaraan bermotor ini menjadi salah satu bukti kehadiran APBN dan kebijakan fiskal yang responsif di tengah pandemi," kata Febrio di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra Terselamatkan Diskon PPnBM 100%

Konsistensi peran APBN sebagai instrumen countercyclical secara keseluruhan akan terus diperkuat untuk kembali mendorong laju pemulihan yang lebih berkelanjutan. Di tengah pandemi yang masih terjadi, kebijakan fiskal akan terus menjadi instrumen yang optimal dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat, melindungi daya beli masyarakat, serta memberi dukungan bagi dunia usaha.

Oleh sebab itu, dukungan insentif diskon PPnBM diperpanjang.Momentum pemulihan ekonomi pasca gelombang varian Delta terus berlanjut, dan harus terus diperkuat melalui berbagai dukungan.

Tingkat mobilitas masyarakat terus menunjukkan perbaikan, sementara kebijakan PPKM mulai dilonggarkan dengan penerapan dan pengawasan yang sangat ketat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini