Sering Gonta-ganti Direksi BUMN, Erick Thohir: Itu Bukan Soal Suka Tidak Suka

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 20 September 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 320 2473941 sering-gonta-ganti-direksi-bumn-erick-thohir-itu-bukan-soal-suka-tidak-suka-OJYRUKg3Q8.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir sering melakukan perombakan Dewan Direksi dan Komisaria perusahaan pelat merah. Hingga pekan ketiga September 2021, gonta-ganti manajemen masih dilakukan.

Erick Thohir menjelasakan alasan pergantian Direksi dan Komisaris BUMN didasari atas kinerja atau key performance indicator (KPI), bukan dorongan ketidaksukaan.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Diproduksi Mei 2022, Erick Thohir: Kita Sudah Belajar

"Jadi kita me-manage direksi itu buka suka tidak suka, tetapi karena ini (KPI)," ujar Erick, Senin (20/9/2021).

Selain performance, kata Erick, mengelola perusahaan negara harus didasarkan dengan hati dan keikhlasan. Pemegang saham memang sudah mengenalkan konsep AKHLAK yang merupakan penegasan atas nilai-nilai organisasi.

Baca Juga: Erick Thohir Komit Investasi di 50 Startup

AKHLAK menjadi nilai yang harus diterapkan Kementerian BUMN dan perseroan. Konsep itu merujuk pada Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri untuk penerapan kode etik dan kode perilaku yang akan diterapkan pemegang saham dan perusahaan.

"Dan terpenting juga, terlepas dari perubahan yang kita lakukan inikan hati, jadi perubahan yang kita lakukan ini yang penting hati. Kita harus bekerja pakai hati. Karena itu, kita mengenalkan yang namanya pondasi dari kepemimpinan BUMN itu AKHLAK," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini