Masyarakat Bisa Pelototi Keuangan BUMN, Erick Thohir Lapor ke Jokowi

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 20 September 2021 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 320 2473964 masyarakat-bisa-pelototi-keuangan-bumn-erick-thohir-lapor-ke-jokowi-KKcqRBuOD7.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Masyarakat tak lama lagi bisa melihat informasi data keuangan perusahaan negara atau dashboard. Di mana Kementerian BUMN menargatkan aplikasi keuangan BUMN bisa selesai satu hingga dua bulan ke depan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, aplikasi dashboard saat ini baru digunakan untuk kepentingan internal. Sebab, pihaknya masih mengkonsolidasikan aplikasi tersebut, termasuk berencana melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga: Sering Gonta-ganti Direksi BUMN, Erick Thohir: Itu Bukan Soal Suka Tidak Suka

"Mudah-mudahan dalam satu atau dua bulan ini, sekarang sudah berjalan, tapi masih internal, tapi nanti kita akan presentasikan kepada Menkeu dan Pak Presiden kalau ini sudah berjalan dengan baik," ujar Erick, Senin (20/9/2021).

Dashboard yang digunakan BUMN tidak saja menyediakan laporan keuangan perusahaan, namun juga mencatutkan informasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) manajemen BUMN, hingga sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Erick Thohir Komit Investasi di 50 Startup

Melalui dashboard, masyarakat juga bisa mengakses jumlah utang, profit atau pendapatan, hingga anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Selain itu, akses informasi perihal administrasi, kinerja anak cucu BUMN, hingga persiapan dan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan.

"Di situ bisa terlihat performance daripada BUMN secara detail di masing-masing perusahaan, toh ada juga yang go publik kan, tetapi ada yang tertutup juga, kita juga ingin laporkan agar terjadi konsolidasi yang baik," katanya.

Dengan konsolidasi data, Erick berharap, pemegang saham bisa mengambil keputusan lebih baik lagi. Bahkan, lebih transparansi dan menjadi kunci transformasi BUMN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini