Yellen: Pemerintah akan Kelabakan jika Pagu Utang Tidak Dinaikkan

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 320 2479111 yellen-pemerintah-akan-kelabakan-jika-pagu-utang-tidak-dinaikkan-apXDAyv8XQ.jpg Janet Yellen minta pagu utang AS dinaikkan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Keuangan Amerika Janet Yellen menegaskan pagu utang harus dinaikkan. Sebab, pemerintah Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan kehabisan dana untuk membayar utang jika pagu utang negara itu tidak dinaikkan.

Baca Juga:  Sri Mulyani Waspada AS Terancam Gagal Bayar Utang Rp400 Ribu Triliun Jadi Bencana

Menurut Yellen, jika kongres tidak mengambil tindakan untuk meningkatkan pagu utang negar, baik itu berupa sebuah nilai tertentu atau perpanjangan waktu yang memungkinkan peminjaman berkesinambungan, pejabat keuangan mengantisipasi negara “hanya memiliki sangat sedikit sumber daya yang akan habis secara cepat” dalam tiga minggu berikutnya.

Pemimpin mayoritas di Senat dari Partai Demokrat Chuck Schumer telah mengupayakan untuk menaikan pagu tersebut namun gagal untuk memperoleh dukungan guna melakukan pemungutan suara di majelis yang beranggotakan 100 senator itu.

Baca Juga: Astaga! Ternyata AS Punya Utang Rp400.000 Triliun

Pihak Partai Republik memblokir usaha baru untuk meningkatkan batas pinjaman, dan pada Senin (27/9) mereka menggagalkan RUU yang bertujuan menghindari penutupan sebagian operasi pemerintah pada Jumat minggu ini.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini