Share

Dihantui Krisis Listrik, China Minta Batu Bara ke Indonesia

Anggie Ariesta, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 320 2479919 dihantui-krisis-listrik-china-minta-batu-bara-ke-indonesia-GiknVZQUnG.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Krisis listrik di China kini masuk kondisi darurat dan mengkhawatirkan.

Gubernur Provinsi Jilin wilayah Timur Laut China Han Jun berjanji untuk meningkatkan jumlah batu bara yang digunakan untuk memastikan pasokan listrik lokal dengan berbagai langkah, termasuk melepaskan lebih banyak produksi batu bara domestik dan memperbesar skala impor.

"Selain mengamankan pasokan batu bara lintas provinsi dari Daerah Otonomi Mongolia Dalam, semua langkah yang diperlukan harus diambil (China) untuk meningkatkan impor dari Rusia, Mongolia dan Indonesia," ujarnya dikutip dari Global Times, Jakarta, Jumat (1/10/2021)

Menurut Han Jun, pembelian batu bara dari pasar dalam dan luar negeri akan didorong oleh kebijakan pendukung terkait dan lebih banyak fasilitas penyimpanan batu bara akan dibangun.

Dia juga memerintahkan pembangkit listrik untuk mempertahankan pembangkit listrik yang stabil di semua biaya dan menetapkan pemenuhan penggunaan listrik perumahan sebagai prioritas mereka.

Han Jun mencatat bahwa perusahaan keuangan lokal juga harus mendukung pembangkit listrik termasuk menawarkan pinjaman dan subsidi.

Pengamat industri bahkan memperhatikan bahwa solusi impor provinsi Jilin untuk kelangkaan listrik telah mengecualikan Australia, yang pernah menjadi pemasok batu bara uap utama China.

Sebelumnya, aktivitas pabrik China yang menyusut akibat pembatasan penggunaan listrik meningkatkan banyak kekhawatiran mengenai nasib negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini