Dear Milenial! Yuk Investasi Sekalian Bantu Negara, ORI020 dengan Kupon 4,9%

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 622 2479821 dear-milenial-yuk-investasi-sekalian-bantu-negara-ori020-dengan-kupon-4-9-JqvTclIGUo.jpg Investasi ORI020

JAKARTA - Pemerintah kembali mengeluarkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel kelima pada tahun ini yaitu Obligasi Ritel seri ORI020. ORI020 mulai ditawarkan pada Senin, 4 Oktober 2021

Plt Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu Deni Ridwan mengatakan, alasan diluncurkannya SBN bertenor tiga tahun tersebut karena melihat animo masyarakat pada Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015. Lebih dari itu, SBN seri ini berhasil memecahkan rekor, baik dari sisi nominal maupun jumlah investor.

“Kita berhasil memperoleh Rp27 triliun dengan jumlah investor sebesar 49 ribu, di mana 30 persen di antaranya merupakan investor baru,” katanya dalam diskusi di Market Review IDX Channel, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Diborong Masyarakat, Sri Mulyani Sebut Investasi Surat Utang seperti Belanja Online

Dengan tren seperti ini, Deni optimis ORI020 akan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat.

Kemudian, dia juga menilai bahwasanya efek dari pandemi menjadikan masyarakat sadar untuk mengelola keuangan dengan lebih baik termasuk pentingnya investasi semakin meningkat.

Oleh karena itu, dia bilang, Obligasi Ritel Investasi atau ORI ini menjadi salah satu alat investasi yang menarik untuk dipilih masyarakat lantaran aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Sebagai informasi, 15 Oktober 2021 merupakan masa jatuh tempo sekaligus sebagai tanda bahwa instrumen tersebut tiga tenor SBN ORI015. Terkait hal ini, Deni mengharapkan para investor lama dapat menginvestasikan kembali uangnya di ORI020.

“Tanggal 15 nanti ORI015 sudah jatuh tempo. Saya harap agar investor-investor yang sudah mendapatkan manfaat dan menikmati berinvestasi di ORI, dapat investasi lagi di ORI020,” ujarnya.

Dia membeberkan alasan instrumen investasi ORI015 diberikan masa jatuh tempo. Hal itu lantaran penerbitan pada ORI020 nanti untuk menyasar pada para investor baru dan mengajak investor lama untuk kembali melakukan investasi pada instrumen tersebut.

“Jadi, investor lama kita beri kesempatan untuk bisa melakukan investasi lagi dengan membuat masa penawaran ORI sama dengan masa jatuh tempo pada obligasi sebelumnya,” katanya.

Semenjak 2018 pemerintah mengalihkan sistem penawaran atau penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel ke sistem online, mendapatkan sambutan yang baik terutama pada generasi milenial.

Transformasi cara penjualan SBN tersebut, juga dilandasi evaluasi pemerintah yang melihat pergerakan masyarakat yang terbatas sehingga mendorong masyarakat melakukan investasi. Terbukti, selama pandemi giat masyarakat dalam berinvestasi semakin meningkat.

“Karena masyarakat tidak bisa keluar rumah, nah ini justru menjadi kesempatan buat kita menawarkan layanan yang sangat nyaman untuk masyarakat dengan berinvestasi di rumah saja,” jelasnya.

Dia juga menerangkan bahwa kupon ORI020 yang ditetapkan sebesar 4,95%. Jumlah ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan SBN ritel seri sebelumnya, yakni SR015 yang menawarkan kupon sebesar 5,1%.

Meski demikian, masyarakat perlu mengetahui, pada skema investasi ORI020 ini terdapat struktur yang dirilis oleh Kementerian Keuangan. Yakni akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2024, investor ritel bisa memesan ORI020 dengan minimum pemesanan senilai Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp2 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini