SBN Ritel Terakhir, Begini Cara Investasi di ORI020

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 320 2480873 sbn-ritel-terakhir-begini-cara-investasi-di-ori020-ndDTTmUBvK.jpg Pemerintah Terbitkan SBN Ritel di Tahun Ini. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah kembali menawarkan produk Surat Berharga Negara (SBN) ritel yaitu Obligasi Negara Ritel seri ORI020. ORI020 merupakan seri instrumen SBN ritel yang terakhir di 2021.

Direktur Jendaral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman mengatakan, ORI020 memiliki masa penawaran pada 4 hingga 21 Oktober 2021 dengan minimum pemesanan Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp2 miliar.

"Masyarakat dapat berinvestasi langsung melalui 27 channel online mitra distribusi yang bekerja sama dengan pemerintah, ada Bank, perusahaan sekuritas, fintech dan lain-lain," ujar Luky dalam Virtual Launching ORI020, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Dear Milenial! Yuk Investasi Sekalian Bantu Negara, ORI020 dengan Kupon 4,9%

Secara umum terdapat 4 langkah mudah untuk berinvestasi ORI020. Pertama registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi.

Mengutip laman kementerian keuangan, Calon Investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis).

Masyarkaat nantinya dapat menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Baca Juga: Lapor, BI Borong SBN Rp137,4 Triliun hingga 31 Agustus

Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis.

Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan ORI020 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI020.

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI020 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI020 kepada Mitra Distribusi.

"Seluruh dana yang didapatkan dari ORI020 akan digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN 2021, Penggunaan APBN ini termasuk dalam upaya dan penanganan dampak dari pandemic covid 19," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini