Share

Menko Airlangga: Tidak Ada PPKM Level 4 di Luar Jawa dan Bali

Rina Anggraeni, Sindonews · Senin 04 Oktober 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 320 2481126 menko-airlangga-tidak-ada-ppkm-level-4-di-luar-jawa-dan-bali-v7utmZvIpI.jpg Menko Perekonomian Airlangga (Foto: Dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel 1-3 hingga dua pekan kedepan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa sudah ada provinsi luar Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM level 4. Di mana sebelumnya, masih terdapat satu provinsi yang masih terapkan PPKM level 4.

"Khusus di luar Jawa dari segi situasi kasus per pulau itu menurun. Lalu, untuk tingkat provinsi di luar Jawa dan Bali ini provinsi (PPKM) level 4 sudah tidak ada," kata Airlangga dalam video virtual, Senin (3/10/2021).

Baca Juga: Menko Airlangga: Program Pesantrenpreneur Dorong Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren

Kemudian kata dia, perkembangan di beberapa level juga menunjukkan adanya perbaikan. Di mana di level 3 terdapat sebanyak empat provinsi, di level 2 sebanyak 22 provinsi, dan di level I hanya terdapat satu provinsi saja.

"Kemudian tentunya kita lihat dari Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur ini Riau turun ke level 1 dan Kalimantan Timur turun ke level 2," katanya.

Baca Juga: Menko Airlangga: Penyebaran Covid-19 di Indonesia Makin Terkendali

Selanjutnya, dari indikator 10 kabupaten kota diterapkan di level 4 di luar Jawa dan Bali dalam dua minggu terakhir yakni 21 September sampai dengan 4 Oktober yang terjadi kenaikan level adalah di Kota Banjarmasin. Kemudian sebanyak tujuh kabupaten kota turun levelnya, dan dua tetap levelnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Selain itu, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan alasan kenapa wilayah aglomerasi belum turun level PPKM. Wilayah aglomerasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Karena ada di Kabupaten Bogor, Bandung Raya, Tangerang, dan Bekasi masih kekurangan vaksinasi,"tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini