Share

Catat Ya! Dari 7 BUMN, Industri Gelas Bakal Jadi yang Pertama Dibubarkan Erick Thohir

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 05 Oktober 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 320 2481792 catat-ya-dari-7-bumn-industri-gelas-bakal-jadi-yang-pertama-dibubarkan-erick-thohir-SokFp70Nad.jpg Erick Thohir (Foto: KBUMN)

JAKARTA - Dari tujuh BUMN yang akan dibubarkan, PT Industri Gelas (Persero) atau Iglas yang akan menjadi BUMN pertama yang dibubarkan Menteri BUMN Erick Thohir.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pembubaran tujuh BUMN akan dilakukan secara bertahap. Sebab, BUMN 'hantu' itu mengalami kondisi yang berbeda-beda.

"Kita ada tahapan-tahapannya, kan ini beda-beda kondisi nih, yang pasti Iglas mau kita kejar lha, mudah-mudahan yang lain juga secepatnya," ujar Arya, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: 7 BUMN Akan Dibubarkan di 2022, Erick Thohir: Kalau Bisa Prosesnya Lebih Cepat

Perihal kewajiban BUMN tersebut yang harus diselesaikan, akan ditempuh melalui proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Setelah Iglas lalu pembubaran PT Kertas Leces (Persero), dan PT Merpati Nusantara Airlines (Persero).

"Ada beberapa lagi yang kita lihat memang sebenarnya hanya masalah surat, mudah-mudahan itu enggak lama, ada dua, tiga yang dilikuidasi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pembubaran tujuh BUMN yang mati suri atau tidak lagi beroperasi saat ini tidak perlu menunggu disahkannya hasil revisi Undang-Undang (UU) No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN.

Pembubaran tujuh BUMNtersebut ditarget rampung hingga 2022. Sementara, revisi UU BUMN masih dibahas di DPR RI. Meski pembubaran tujuh perseroan negara melalui proses yang panjang, Erick optimistis langkah tersebut mendapat dukungan dari kementerian terkait.

"Saya rasa saya enggak mau menunggu UU itu jadi. Kalau memang bisa prosesnya lebih cepat, kenapa harus menunggu UU," ujar Erick saat ditemui di kawasan Telkom, Kamis lalu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini