Digital Innovation Award 2021, Apresiasi MNC Portal Indonesia untuk Penggerak Perubahan Era Baru

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 320 2481805 digital-innovation-award-2021-apresiasi-mnc-portal-indonesia-untuk-penggerak-perubahan-era-baru-RweNkifcxo.jpg Digital Innovation Award 2021, Apresiasi MNC Portal Indonesia untuk Perubahan Era Baru

JAKARTA - MNC Portal Indonesia (MPI) mempersembahkan Digital Innovation Award (DIA) 2021.

Ajang bergengsi ini dihelat sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan bagi pihak-pihak yang sukses menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital yang memiliki daya guna optimal bagi masyarakat.

DIA 2021 sendiri dibuat khusus MPI dengan tujuan menjadi sarana pemicu bagi pihak lainnya untuk turut berpartisipasi dalam upaya menciptakan inovasi digital bagi kepentingan masyarakat luas.

Baca Juga: Gelar DIA 2021, MNC Portal Indonesia Audiensi dengan Menpan RB

Program ini juga bertujuan menyosialisasikan inovasi digital karya anak bangsa kepada publik yang diharapkan kemudian bisa membuka peluang pengembangan inovasi jangka panjang

"Pandemi mempercepat proses digitalisasi yang ada di dunia ini, sehingga kami mencoba memberikan apresiasi bagi itu kepada para kepala daerah maupun perusahaan yang ada di Indonesia dalam rangka mengimplementasikan digital dalam aktivitas atau operasional mereka masing-masing," kata Managing Director MNC Portal Indonesia Rafael Utomo saat webinar, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Bukan sembarang pemenang yang akan terpilih nantinya, karena nominasi akan dinilai secara langsung oleh tiga juri kehormatan yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

"Rencana puncak penilaian ada di akhir November 2021 dengan puncak penganugerahan ada di 9 Desember 2021. Penghargaan ini sekaligus menutup rangkaian awarding yang ada di MNC Portal Indonesia," kata Rafael.

Secara lebih detail, berikut 4 kriteria penjurian yang dikedepankan dalam DIA 2021 ini:

Pertama adalah orisinalitas. Ada tiga poin yang menjadi poin dalam kriteria pertama ini yaitu karya asli, artinya hasil sendiri, tidak pernah diikutsertakan dalam kompetisi manapun, dan tidak mengandung plagiarism.

Kriteria penilaian kedua adalah ide inovasi. Diharapkan karya yang dikirimkan mengandung ide-ide inovasi yang memang kreatif dan relevan dengan masalah yang akan dihadapi dan bisa diimplementasikan.

Lalu, kriteria dampak inovasi yang berkaitan dengan bagaimana karya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas yang diukur dari aspek kualitatif maupun kuantitatif.

Kriteria terakhir adalah inovasi berkelanjutan. Ini amat penting di era sekarang karena inovasi yang terjadi diharapkan tidak akan berhenti sampai di sini. Jadi, karya bisa terus dikembangkan dan dioptimalkan sehingga kemanfaatannya lebih luas lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini