Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II-2021 Tertinggi dalam 16 Tahun

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 320 2482202 pertumbuhan-ekonomi-indonesia-kuartal-ii-2021-tertinggi-dalam-16-tahun-2whebtyXGG.jpg Menko Airlangga (Foto: Dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 sebesar 7,07% merupakan tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

"Pertumbuhan ekonomi di kuartal II ini tertinngi pada 16 tahun terakhir, dari sisi demand pertumbuhan terjadi kenaikan dari konsumsi rumah tangga, kemudian juga anggaran bagi pemerintah kegiatan ekspor dan impor sudah baik," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui webinar virtual, Rabu (6/10/2021).

Airlangga mengaku berbagai leading indicator di sektor manufaktur Indonesia sudah mencapai 52,2.

"Kemudian juga ini adalah level ekspansi dan kita lihat penjualan kendaraan bermotor terjadi peningkatan demikian pula dari segi investasi itu sudah mencapai kenaikan di bulan Kuartal ketiga ini," katanya.

Demikian barang modal dan survei konsumen maupun cadangan devisa juga sudah tinggi USD142 miliar serta surplus neraca perdagangan.

"Walaupun masih utang luar negeri terjadi kenaikan ini kita lihat dari kata pemulihan belanja ini secara month to month dari data yang ada dari perbankan juga sudah recover demikian pula jenis belanja sudH bergeser dari produk groceries kesehatan ini sudah bergeser ke listrik alat rumah tangga restoran dan mulai travelling," katanya.

Tak hanya itu, dia menuturkan target pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2022 disepakati sebesar 5,2 persen. Pemenuhan target tersebut tentunya akan sangat bergantung pada penanganan Covid-19 serta berbagai faktor lainnya.

"Pertumbuhan ekonomi akan sangat tergantung kepada pengendalian pandemi secara disiplin, dukungan perbaikan sistem ketahanan kesehatan. Kedua respons kebijakan ekonomi yang tepat untuk memastikan proses pemulihan yang lebih kuat. Ketiga penciptaan lapangan kerja secara signifikan dan kesiapan bertransformasi(teknologi digital) ke masa depan,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini