Kripto Adalah, Ini Pengertian dan Aturan Main di Indonesia

Hafid Fuad, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 622 2481914 kripto-adalah-ini-pengertian-dan-aturan-main-di-indonesia-6Mo5tfm0sm.jpg Kripto Adalah, Ini Pengertian dan Aturan Main di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Kripto adalah salah satu satu investasi pada aset crypto atau cryptocurrency yang kini populer. Banyak orang penasaran dengan uang kripto yang dianggap baru ini, sehingga sempat menjadi tranding di berbagai media sosial.

Secara sederhana uang kripto dapat diartikan sebagai uang digital. Di antara pendapat banyak orang tentu saja ada yang pro dan ada juga yang kontra.

Bagi yang pro dengan uang kripto menilai sisi positifnya:

-Terhindar dari inflasi

-Biaya transaksinya murah, praktis, dan cepat.

Baca Juga: Gawat, IMF Sebut Kripto Berpotensi Ganggu Stabilitas Keuangan Dunia

-Fleksibel atau tak berafiliasi dengan bank

-Keuntungannya jelas.

Bagi yang kontra berpendapat kripto berarti:

-Fluktuasi tinggi.

Baca Juga: Harganya Naik Gila-gilaan, Bitcoin Bakal Dibinasakan

-Tidak ada aturan perihal pemberhentian perdagangan sementara.

-Tidak memiliki underlying asset.

-Tidak memiliki legalitas bank sentral

Sementara itu Bank Indonesia (BI) melihat dampak perdagangan aset kripto terhadap stabilitas sistem keuangan di Indonesia masih terbatas.

“Perdagangan aset kripto saat ini masih bersifat early stage, fasilitas yang dimliki pedagang masih terbatas pada spot trading dengan jumlah transaksi aset kripto yang masih kecil, bila dibandingkan dengan transaksi saham,” tulis bank sentral dalam Kajian Stabilitas Keuangan no. 37 yang diluncurkan Rabu (6/10/2021).

Hanya saja, BI menegaskan perkembangan dampaknya harus terus dimonitor, karena masih ada beberapa risiko yang menonjol dan minat investasi masyarakat pada aset ini masih berpotensi terus meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini