Bansos dan UMKM Cegah Kemiskinan Ekstrem

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 320 2482923 bansos-dan-umkm-cegah-kemiskinan-ekstrem-sSMFifhomN.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA – Wakil Presiden Maruf Amin menyebut pemerintah mempunyai cara agar kemiskinan ekstrem pada 2024 menjadi 0%.

Oleh sebab itu, pemerintah melakukan dua langkah pendekatan yaitu perlindungan sosial dan pemberdayaan. Pada pendekatan perlindungan sosial melalui bansos. Sedangkan, pendekatan pemberdayaan dengan mendorong pengembangan UMKM di masing-masing daerah.

Wapres mengakui bahwa dengan UMKM yang berkembang, maka akan membantu untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah.

Diketahui tahun 2021, total jumlah penduduk miskin ekstrem di Jawa Tengah mencapai 581.968 jiwa yang tersebar di 5 kabupaten Provinsi Jawa Tengah. Kelima kabupaten tersebut diantaranya Brebes, Pemalang, Banyumas, Kebumen dan Banjarnegara.

“Pemerintah menggunakan dua pendekatan. Pertama adalah perlindungan sosial melalui bansos. Dan kedua melalui pemberdayaan yaitu melalui pengembangan UMKM di daerah-daerah,” kata Wapres seusai memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Selengkapnya: Bansos dan UMKM Jadi 'Senjata' Atasi Kemiskinan Ekstrem di 2024

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini