Bangun Bandara Perairan, Menhub: Bisa Dukung Pariwisata RI

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 320 2487031 bangun-bandara-perairan-menhub-bisa-dukung-pariwisata-ri-FwFswFozUi.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenhub)

JAKARTAKementerian Perhubungan menyatakan bahwa bandara udara perairan diperlukan untuk mendukung sektor pariwisata nusantara serta menghubungkan moda transportasi laut dan udara.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, secara topografi dan karakteristik demografis Indonesia, membuat sarana dan prasarana transportasi menjadi hal yang penting untuk menjangkau wilayah-wilayah lain.

"Saat ini sarana dan prasarana transportasi di negara kepulauan adalah bandar udara perairan dengan menggunakan saran ship plan yang mampu menghubungkan antara moda transportasi laut dan udara," ujarnya dalam public expose RPP Bandar Udara Perairan secara virtual, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Ada Terminal Purpose Wae Kelambu NTT, Menhub: Beras Tidak Lagi dari Jawa

Kemudian kata dia, hal ini sekaligus menjadi titik simpul pusat hubungan dari satu daerah ke daerah lain, mengingat Indonesia sebagai kepulauan. Pembangunan Bandar Udara Perairan ini juga akan memberikan manfaat dalam menunjang pembangunan daerah dan mendukung pariwisata di Indonesia.

"Sejalan dengan semangat untuk mengoptimalkan fungsi dan manfaat bandar udara perairan, pemerintah membangun dan mengembangkan bandar udara perairan demi mendukung destinasi pariwisata perairan," sambung Menhub.

Baca Juga: Integrasi Transportasi Jabodetabek, Menhub: Banyak yang Bilang Tebet Sekarang Berubah

Dia menjelaskan, saat ini pengaturan waterbase di Indonesia masih sangat umum, bahkan minimalis.

"Ketentuan-ketentuan yang ada harus di modifikasi, dan di konteksualkan, dengan kebutuhan operasi waterbase, selain itu juga harus ada usaha mengharmonisasikan antara peraturan penerbangan dan pelayaran termasuk kerjasama instansi," tambah Menhub.

Pembangunan bandar udara perairan atau waterbase, diharapkan menjadi alternatif moda transportasi serta dapat meningkatkan nilai tambah dari kegiatan pariwisata melalui pengembangan kawasan wisata premium.

"Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat dalam menyusun konsep dan rancangan peraturan pemerintah terkait bandara perairan ini," pungkas Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini