8 Tips saat Interview Kerja, Rileks dan Tonjolkan Kelebihan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 622 2489592 8-tips-saat-interview-kerja-rileks-dan-tonjolkan-kelebihan-RXFcM3qkP5.jpg Tips Wawancara Kerja. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA Interview atau wawancara merupakan tahap menentukan dalam mendapat pekerjaan. Pada tahap ini, para pelamat biasa merasa grogi.

Namun jangan sampai kondisi tersebut membuat pelamat kerja melalui interview dengan tidak maksimal seperti saat menjawab berbagai pertanyaan.

Adapun interview atau wawancara kerja adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Pasalnya, interview merupakan gerbang utama untuk masuk ke sebuah perusahaan.

Baca Juga: Ilmu Sosial dan Teknologi Permudah Karier Direktur BRI sebagai Bankir

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi interview kerja bagi pemula. Mulai dari kaitkan dengan alasan ajukan lamaran, hingga siapkan jawaban terbaik perihal dirimu.

“Bagi para pencari kerja pemula, rasa senang bercampur grogi sering kali muncul ketika akan menghadapi sebuah interview kerja. Untuk membantu Rekanaker mempersiapkan diri, berikut 8 cara menghadapi interview kerja bagi pemula yang perlu Rekanaker ketahui,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, dikutip dari Instagram @kemnaker, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Sst... Ini Tips Jadi Kaya Raya

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi interview kerja bagi pemula:

1. Kaitkan dengan alasan ajukan lamaran.

2. Tonjolkan kelebihan yang Anda miliki.

3. Ungkap kekurangan dengan cara positif dan berimbang.

4. Selalu tenang dan rileks dalam menjawab.

5. Pelajari perusahaan yang Anda lamar.

6. Berpakaian sopan dan rapih.

7. Jaga kontak mata saat diajak bicara.

8. Siapkan jawaban terbaik perihal dirimu. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini