Tak Berhak, Ternyata Orang Ini yang Buat Solar Subsidi Langka

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 320 2491465 tak-berhak-ternyata-orang-ini-yang-buat-solar-subsidi-langka-AeubvOo9GQ.jpg Stok BBM Pertalite dan Solar Langka di Sejumlah Daerah. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Stok BBM jenis Pertalite dan Solar langka di sejumlah daerah solar dan pertalite beberapa hari lalu. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan konsumsi BBM seiring pemulihan ekonomi.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, saat ini aktivitas masyarakat sudah kembali normal. Bahkan, secara volume telah terjadi kenaikan konsumsi yang cukup drastis dibanding pada masa PPKM.

Baca Juga: BBM Langka, Jangan Jadikan Alasan Pertamina Naikkan Harga

"Sekarang jadi lebih longgar. Jadi boleh dikatakan kita kembali normal sebelum Covid dari sisi konsumsi ritelnya," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (25/10/2021).

Sementara dari sisi industri juga terjadi peningkatan konsumsi BBM karena mulai berangsur pulih kegiatan ekonomi terutama dari tambang.

Baca Juga: Pasca-Kelangkaan Pertalite, Pengusaha SPBU: Distribusi BBM Berangsur Normal

Menurut Soerjaningsih, dari sisi pasokan Pertamina yang dipantau setiap hari terlihat cukup aman secara nasional maupun regional. Namun di beberapa daerah diduga kelangkaan solar subsidi ini digunakan oleh yang tidak berhak.

"Memang di beberapa tempat ada shifting dari pengguna yang berhak menggunakan subsidi menjadi yang tidak berhak. Ada indikasi ke arah sana dan mudah-mudahan sudah kembali normal," ungkapnya. Oktiani Endarwati

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini