Peluang Guru Honorer Jadi PNS Semakin Terbuka

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 320 2491973 peluang-guru-honorer-jadi-pns-semakin-terbuka-R7EycRBTAv.jpg Peluang Guru Honorer Jadi PNS Semakin Terbuka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kesempatan guru honorer untuk menjadi ASN PPPK sangat terbuka. Di mana 2021 merupakan tahun pertama pemerintah membuka 1 juta formasi guru ASN PPPK.

Menteri Nadiem menyampaikan bahwa tes seleksi memang sudah menjadi keharusan dalam proses pengangkatan guru ASN PPPK. Kementerian pun dalam hal ini telah memberikan beberapa kali afirmasi untuk memperbesar peluang lolos para guru.

Baca Juga: Modus Kecurangan SKD CPNS, Soal Ujian Bisa Dikerjakan dari Luar

Namun di sisi lain, Nadiem juga memohon agar pemerintah daerah dapat memfasilitasi pelatihan atau bimbingan bagi guru.

“Jika bapak ibu ingin lebih banyak guru yang lolos, berikanlah mereka bimbingan. Sumber-sumber belajar sudah kami sediakan gratis. Pemda bisa fokus pada dua hal, formasinya dibuka, dilengkapi, lalu diberikan fasilitasi pelatihan dengan mendatangkan pakar,” tutur Nadiem, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Ada Temuan Kecurangan SKD, Jadwal Tes SKB CPNS Mundur?

Dirinya berpesan agar pemerintah daerah tidak perlu khawatir pemerintah pusat tidak akan membayar gaji para guru. Anggaran gaji guru ASN PPPK sudah disiapkan oleh pemerintah pusat.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini